INKLUSI DALAM PENDIDIKAN ISLAM : MEMBANGUN KOMUNITAS BELAJAR YANG RAMAH DAN MENGHARGAI PERBEDAAN
Keywords:
pendidikan Islam, inklusi, keadilan, komunitas belajar, keberagamanAbstract
Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang menekankan pada penerimaan dan penghargaan terhadap keberagaman peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus maupun berasal dari latar belakang sosial-budaya yang berbeda. Dalam perspektif Islam, inklusi bukan sekadar pendekatan pedagogis, melainkan manifestasi dari nilai-nilai dasar seperti keadilan, kasih sayang, dan penghormatan terhadap martabat manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan inklusif dalam Islam dan strategi implementasinya dalam membangun komunitas belajar yang ramah serta menghargai perbedaan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa ajaran Islam secara tegas mengakomodasi prinsip-prinsip inklusivitas, baik secara teologis maupun pedagogis. Nilai-nilai seperti kesetaraan, empati, dan tanggung jawab sosial menjadi landasan penting dalam pembentukan lingkungan pendidikan yang inklusif. Implementasi pendidikan inklusif dalam konteks Islam dapat diwujudkan melalui pelatihan guru, pengembangan kurikulum responsif, dan penyediaan fasilitas yang ramah bagi semua peserta didik. Kesimpulannya, pendidikan inklusif dalam Islam bukan hanya memungkinkan, tetapi merupakan keharusan untuk membentuk masyarakat yang adil, harmonis, dan berkeadaban.
References
Arif Syamsurrijal, Pendidikan Inklusif di Indonesia: Alternatif Penguatan Model Sistem Pendidikan. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, Vol 09, No 02, , (2019). hlm 172-186.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2022), QS. Al-Hujurat: 13
Fadhil Rahman, "Kesiapan Guru dalam Menerapkan Pendidikan Inklusif Berbasis Nilai Islam," Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 9, no. 2 (2022): 88–102
Joni Wahyudi, "Kasih Sayang sebagai Pilar Pendidikan Inklusif Islam," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 14, no. 1 (2023): 34–45.
Kurnialoh, N., & Suharti, S, Pendidikan Islam Berbasis Inklusifisme dalam Kehidupan Multikultur. Jurnal Penelitian, Vol 10, No 01, . (2016), hlm 207-232
Lestari, "Model Penilaian Formatif pada Pendidikan Inklusif," At-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 17, no. 1 (2023): 59–72.
M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhui atas Pelbagai Persoalan Umat (Jakarta: Lentera Hati, 2020), hlm. 128
Nurhayati, "Desain Infrastruktur Sekolah Inklusif di Pesantren Modern," Jurnal Studi Keislaman, vol. 13, no. 1 (2023): 22–33.
Rohmadi, Konsep Pendidikan Islam Inklusif Persfektif Kh. Abdurrahman Wahid, Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, Vol 03, No 02 (2023), Hlm 151 Afi Parnawi, “Pendidikan Inklisif Dalam Islam Untuk Membangun Kesetaraan Dan Keadilan”, Jurnal: Arriyadhah, Vol XXI, No I, (2024), Hlm 85.
Siti Aisyah, Konsep Pedidikan Islam Inklusif Dalam Persfektif Gus Dur, Edu Global: Jurnal Pendididkan Islam, Vol 01, No 01(2021), Hlm 1-15
Yusuf, M. (2023). "Inklusi Pendidikan Islam: Mewujudkan Pendidikan Semua Anak dalam Konteks Multikultural." Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi, 2(1), 30–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Attiqa Nazira, Linda Astria, Yenny Siregar, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.