PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PAI: TANTANGAN DAN INOVASI STRATEGIS

Authors

  • Annisaul Fitri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Miftahul Jannah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Profesionalisme guru, Pendidikan Agama Islam, tantangan, inovasi strategis

Abstract

Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk karakter peserta didik. Namun, keterbatasan pelatihan, perkembangan teknologi, dan perubahan kurikulum menjadi tantangan. Penelitian ini mengkaji tantangan tersebut dan mengeksplorasi inovasi strategis dengan metode studi kepustakaan. Hasilnya menunjukkan bahwa integrasi teknologi, kolaborasi profesional, dan pelatihan digital berkelanjutan efektif meningkatkan profesionalisme guru. Strategi ini membekali guru untuk memenuhi tuntutan pendidikan modern. Pendekatan adaptif dan inovatif diperlukan guna memastikan pendidikan agama yang berkualitas dan pembentukan karakter.

References

Assegaf, Abd. Rachman, 2013, Aliran Pemikiran Pendidikan Islam Hadlarah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,)

Fauzi, Ahmad. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Teknologi Pendidikan Islam 10, no. 1 (2022): 23–34.

Hermawati. “INOVASI PEMBELAJARAN PAI DALAM ERA DIGITAL: MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI TEKNOLOGI DAN KOLABORASI.” Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin 8, no. 2 (2024): 81.

Karlina, Haura, Adi Sopian, and Faiz Karim Fatkhullah. “Analisis Pendidikan Moral Dari Perspektif Agama, Filsafat, Psikologi Dan Sosiologi.” Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 7, no. 2 (2023): 1699–1709. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3108.

Manzulin. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di SMP Negeri 1 & SMP Satu Atap Negeri 1 Batu Brak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat.” Tesis, 2017, 25–73. http://repository.radenintan.ac.id/1151/12/BAB_II.pdf.

Pratomo, Imam Catur, Trifalah Nurhuda, Soipah Soipah, and Annisa Noviantie. “Pengembangan Profesionalisme Guru Dari Perspektif Pedagogik.” Jurnal Basicedu 8, no. 3 (2024): 2008–14. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7541.

Rohman, Ahmad, and Henny Listiana. “Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Tantangan Dan Solusi.” Jurnal Ilmu Pendidikan 15, no. 1 (2023): 1–12.

Sarjono. DD., 2008, Panduan Penulisan Skripsi, (Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam)

Udin, Drajat. “Kolaborasi Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.” Jurnal Paris Langkis 1, no. 2 (2021): 113–25. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2451.

Downloads

Published

2025-03-21

Issue

Section

Articles