PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI MELALUI KEGIATAN MAUIDOTUL HASANAH KYAI (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Huda Lubuk Harjo OKU Timur )

Authors

  • Muhammad Toharudin Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Jaenullah Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Siti Roudhotul Jannah Universitas Ma’arif Metro Lampung, Indonesia

Keywords:

Karakter disiplin, Santri, Pondok Pesantren

Abstract

Pembentukan karakter disiplin merupakan salah satu tujuan utama pendidikan di pondok pesantren. Perlu diketahui bahwasanya dalam dunia Pendidikan tentu sangat berkaitan dengan disiplin, serta adanya peraturan yang harus di ta’ati, dengan pra santri yang menjalni aktivitas dipondok pesantren tentu adanya sebuah tempaan dan binaan dalam proses pembntukan karakter dan kemudian adanya penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pembentukan karakter disiplin santri melalui kegiatan mau’idhotul hasanah yang disampaikan oleh kyai di Pondok Pesantren Darul Huda, Lubuk Harjo, OKU Timur.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, tentu saja dalam penelitian ini sangat membutuhkan rujukan yang mendalam guna membantu dalam proses penelitiansehingga penelitain ini dapat terwujud dengan semestinya kemduian peneliti menggali lebih dalam tentang pembentukan karakter disiplin santri dan dalam penelitian ini tentu peneliti melakukan wawacara dengan kyai, ustadz dan santri.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwasanya tindakan pembentukan karakter disiplin santri melalui mauidhoh hasanah, perlu kita pahami bersama bahwasanya di pondok darul huda ini dalam tindakan pembentukan karakter disiplin para santri tidak hanya memahami dan tahu saja terkiat dengan karakter disiplin santri, namun kenyataanya para santri mengambil makana dari mauidhoh hasana yang disampaikan oleh pak kyai dan memahaminya kemudian santri langsung menerpakkanya seperti para santri selalui mengantri dalam segala hal misalnya mengantri ke kamar mandi, mengantri mengambil makan, disiplin dalam peraturan dan disiplin dalam urusan ibadah sehingga dengan demikian tentu akan mengubah pandangan dan pemikiran santri bahwa disiplin merupakan kunci dari sebuah kesuksesan

References

S. Kahfi and R. Kasanova, “Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro),” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 3, no. 1, pp. 26–30, 2020.

K. Husen and M. Husni, “Peran Pesantren Dalam Meneguhkan Identitas Budaya Indonesia di Tengah Arus Modernisasi,” IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 387–397, 2025.

D. Damayanti, D. Safitri, and S. Sujarwo, “Analisis Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Karakter Dan Moral Pada Anak Sejak Dini,” Sindoro Cendikia Pendidik., vol. 3, no. 12, pp. 49–59, 2024.

S. Ichsan, “Peran Kiai dalam meningkatkan kualitas santri melalui pendidikan di perguruan tinggi.” IAIN PONOROGO, 2022.

L. Hadisi, Z. Musthan, R. Gazali, H. Herman, and S. Zur, “Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin Kabupaten Konawe Selatan,” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 01, 2022.

N. M. Aprily, D. Setiawan, E. Elan, and Y. A. Pratama, “Implementasi Metode Mauizhotul Hasanah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter: Suatu Studi Kasus Longitudinal,” J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 1, pp. 121–137, 2021.

A. Mahendra, M. W. Ilhami, W. V. Nurfajriani, M. W. Afgani, and R. A. Sirodj, “Metode Etnografi Dalam Penelitian Kualitatif,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 10, no. 17, pp. 159–170, 2024.

S. P. T. Talangkas and F. Pulansari, “Pemilihan Supplier Semen Pada Cv. Rizki Jaya Abadi Di Kabupaten Mojokerto Menggunakan Metode Fuzzy Ahp (Analytical Hierarchy Process),” Tekmapro J. Ind. Eng. Manag, vol. 16, no. 2, pp. 72–83, 2021.

M. Maulida, “Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian,” Darussalam, vol. 21, no. 2, 2020.

M. Firmansyah and R. Akbar, “Konsep Modelling Albert Bandura Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam.” IAIN Ponorogo, 2023.

T. H. Wibowo, “Kajian Teori Breaking Bad Habit Sebagai Solusi Memutus Kebiasaan NegatifSiswa Dalam Pembelajaran,” J. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 2, pp. 191–208, 2020.

F. Hasyim and Y. A. Nurohman, “Adopsi Teori Perilaku Berencana Dalam Menganalisis Niat Melakukan Wakaf Tunai,” Among Makarti, vol. 14, no. 1, 2021.

Downloads

Published

2025-03-05

Issue

Section

Articles