PROFESIONALISME PENDIDIK DI ERA GLOBAL DALAM PANDANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, , Pendidik profesionalAbstract
Guru sebagai pendidik tidak hanya dituntut mengajar namun juga mampu menjadi figur dan tauladan bagi peserta didik maupun masyarakat. Dalam hal ini, tujuan penulisan adalah untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam pandangan Islam. Sementara pendidikan agama Islam di era globalisasi memberikan peluang untuk mengisi kekosongan moral dan spiritual manusia modern ketika tidak mampu merespon berbagai krisis dan reformasi yang mereka hadapi, juga menjadi tantangan. Era globalisasi dimana semua unsur saling tumpang tindih telah melahirkan paradigma baru dalam pendidikan agama Islam melalui berbagai unsur pendidikan sehingga pendidikan agama Islam dapat memberikan jawaban yang tepat atas berbagai tantangan zaman. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kajian pustaka (litelatur research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan globalisasi pendidikan Islam dapat dijawab melalui tenaga pendidik yang profesional dengan etos kerja dan dedikasi yang tinggi, jiwa kepemimpinan, keteladanan, motivasi dan keterbukaan pikiran, kreatif dan demokratis. Itu tercermin melalui desain dan model pembelajaran, serta dalam perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
References
Amirudin dan Muzaki, Iqbal Amar. Demonstration of Effectiveness of Implementation Method of Student Learning Prayers. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 10, No. 1, (2021): 111-120. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i1.7816.
Amirudin dan Muzaki, Iqbal Amar. Rendering Learning Approach with Islamic: Religious Education Subjects and Students Accounting XI Relationship with Management and Business. Proceedings of the 1st EAI Bukittinggi International Conference on Education 1, No. 1, (2019): 1-7. http://dx.doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289728.
Amirudin., Nurlaeli, Acep., dan Muzaki, Iqbal Amar. Pengaruh Metode Reward and Punishment terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di STIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education 7, No. 2, (2020): 140-149. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102.
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga, 2006.
Deradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Ira, Hadirah. Dasar-Dasar Kependidikan. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin, 2008.
Jalaluddin. Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafar Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif, 2012.
Ramdhani, Khalid., Hermawan, Iwan., dan Muzaki, Iqbal Amar. Pendidikan Keluarga sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta’lim 2, No. 2, (2020): 36-49. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v2i2.284.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zuchdi, Darmiyati. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.
Zuhairini. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, 1983.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rohani, M.Pd.I, Syarifah Nurbaiti, M.Pd.I, Diana, M.Pd.I

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.