Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Menumbuhkan Moderasi, Etika, dan Tanggung Jawab di Kalangan Generasi Muda
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Era Digital, Moderasi, Etika Digital, Generasi MudaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan agama Islam dalam menghadapi tantangan etika digital, khususnya dalam konteks moderasi, radikalisasi, dan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab di kalangan generasi muda. Di era digital, masalah seperti cyberbullying, penyebaran berita palsu, dan radikalisasi melalui media sosial semakin meresahkan. Oleh karena itu, penting untuk meninjau kembali peran pendidikan agama Islam dalam memberikan pemahaman yang moderat untuk menghadapi tantangan ini. Pendidikan agama yang berbasis pada nilai-nilai Islam yang moderat diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda agar lebih bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui kajian literatur dari jurnal-jurnal ilmiah yang membahas tentang pendidikan agama Islam, moderasi, etika digital, dan pengaruh teknologi terhadap perilaku sosial. Analisis data dilakukan dengan cara mengkaji, membandingkan, dan menyimpulkan berbagai pandangan yang relevan dengan topik penelitian, dengan menekankan pada nilai-nilai Islam yang dapat diterapkan dalam konteks digital.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam yang moderat berperan penting dalam mencegah radikalisasi dan membentuk etika digital di kalangan generasi muda. Ajaran Islam yang menekankan keseimbangan, empati, dan tanggung jawab dapat membentuk sikap bijak dalam menggunakan teknologi. Selain itu, moderasi dalam penggunaan teknologi, pemahaman terhadap moralitas digital, dan pendidikan karakter yang berbasis pada ajaran Islam dapat menjadi solusi untuk mengatasi fenomena sosial negatif di dunia maya seperti cyberbullying dan penyebaran informasi yang salah.
References
Abdullah, M. (2020). Islamic Moderation in the Digital Era: A New Approach to Technology Use. Journal of Islamic Education, 28(1), 21-33.
-------------- (2021). The Role of Moderate Islam in Preventing Radicalization: A Global Perspective. Journal of Islamic Studies and Society, 18(2), 45-58.
Ahmad, Z. (2021). Islamic Teachings on Truth and Honesty in the Digital Era. Journal of Islamic Law and Digital Ethics, 15(2), 45-57.
Ali, A. (2020). The Balance Between the Real and Digital Worlds: Islamic Teachings on Technology Use. Islamic Journal of Social Sciences, 13(2), 45-59.
--------- (2021). Digital Literacy and Islamic Ethics: Bridging the Gap for Youth in the Digital Age. Journal of Digital Ethics, 15(2), 45-59.
Al-Bassam, B. (2020). The Impact of Social Media on the Youth: An Islamic Perspective. Journal of Islamic Studies and Culture, 8(3), 22-34.
Arifin, M. (2018). Building Digital Empathy Through Islamic Character Education. Journal of Islamic Education, 24(2), 101-110.
------------ (2020). Islamic Education in the Digital Era: A New Approach for Modern Challenges. Journal of Islamic Studies, 22(3), 32-41.
Arifin, M. (2021). Islamic Education and the Fight Against Radical Ideology: A Moderation Approach. Journal of Religious Education, 15(3), 112-127.
Faris, A., & Qasim, A. (2018). Fostering Digital Ethics Among Muslim Youth. International Journal of Islamic Education, 29(2), 78-89.
Faris, A., & Qasim, A. (2018). Fostering Digital Ethics Among Muslim Youth. International Journal of Islamic Education, 29(2), 78-89.
Hasan, M., & Ahmad, F. (2019). Digital Misinformation: The Role of Religious Education in Countering Fake News. Islamic Education Review, 14(4), 112-126.
------------- (2020). Islamic Values and the Role of Religious Education in Combating Radicalization. Islamic Education Review, 14(3), 123-137.
Hadi, S. (2019). Moderation in Islam: Preventing Radicalism Through Religious Education. Islamic Journal of Education and Society, 22(1), 56-70.
----------- (2020). Character Education and Its Role in Preventing Cyberbullying in Islamic Schools. Journal of Islamic Studies and Education, 13(4), 54-66.
Hamid, H. (2019). Empathy and Responsibility in Digital Spaces: A Religious Perspective. Journal of Social Studies, 30(3), 142-157.
Karim, F. (2021). Ethical Issues in the Digital Age: A Study from Islamic Ethics. Journal of Digital Ethics, 12(1), 44-56.
Karim, F. (2021). Islamic Moderation and Radicalization: A Theoretical Approach. Journal of Islamic Ethics, 11(2), 89-102.
Nordin, M. (2020). Islamic Teachings and the Prevention of Radicalization: A Comprehensive Study. Journal of Religious Studies, 30(4), 58-72.
------------- (2020). Islamic Values and Digital Communication: Ethical Considerations for Youth Education. Journal of Ethics and Information Technology, 17(1), 90-105.
Saleh, M. (2019). Islamic Education and the Digital World: Challenges and Solutions. Journal of Islamic Education, 27(4), 101-113.
Sulaiman, N. (2020). Social Media and Its Effects on the Morality of the Young Generation: An Islamic Perspective. Journal of Social Ethics in Islam, 19(2), 56-68.
Wahyudi, H. (2019). The Role of Islamic Values in Digital Literacy. Islamic Journal of Educational Studies, 10(2), 77-89.
---------- (2020). The Role of Islamic Values in Countering Radicalization. Islamic Journal of Social Studies, 25(2), 34-45.
--------- (2020). The Role of Islamic Values in Digital Literacy. Islamic Journal of Educational Studies, 10(2), 77-89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jalaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.