PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN DAN HADIST DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Authors

  • Nurmila Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Zubaidah Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

Pendidikan, Media Pembelajaran, Al-Qur’an, Hadist

Abstract

Media Pembelajaran merujuk pada segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran atau informasi kepada siswa dalam proses pembelajaran. Media ini berfungsi untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan serta membantu guru dalam mengorganisasi dan menyampaikan materi dengan lebih menarik dan efektif. Secara keseluruhan, pemilihan media yang tepat dapat membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif, menyenangkan, dan mendalam bagi siswa. Dalam perspektif alquran, media pembelajaran memiliki makna yang luas, mencakup berbagai cara atau alat yang digunakan untuk menyampaikan ilmu dan informasi kepada umat Islam. Konsep pembelajaran dalam islamic sangat menekankan pentingnya ilmu, pemahaman, serta metode yang baik untuk memperoleh dan menyebarkan pengetahuan. Islam sangat menghargai ilmu dan proses pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran Islam bertujuan untuk mempermudah penyampaian ilmu, baik dalam konteks agama, moral, maupun duniawi. Media pembelajaran yang baik adalah yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, efektif, dan memudahkan umat untuk memahami ajaran agama dengan cara yang mudah dan benar. Dengan demikian, dalam perspektif alquran media pembelajaran dapat melibatkan berbagai bentuk alat atau cara yang digunakan untuk menyampaikan ilmu, yang tentunya harus sesuai dengan nilai-nilai Islam dan memberikan manfaat bagi umat manusia

References

Abdul Fattah Abu Ghuddah,40 Metode Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah, Irsyad Baitus Salam, Bandung; 2009.

Abdul Wahab Rosyidi, dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Maliki Press, Malang; 2011.

Abu Yahya Marwan Bin Musa, Tafsir Hidayatul Insan, Jilid 2.

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Quantum Teaching, Ciputat; 2005.

An-Nawawi, Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Hajjaj. Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Ciputat Press, Jakarta Selatan; 2002.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta; 2003. Darwyn Syah, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Gaung Persada Press, Jakarta; 2007.

Hamalik Oemar, Media Pendidikan, Penerbit Alumni, Bandung; 1980. Ibnu Hajar Atsqalani, Kitab Fathul Bari Syarah Shahih al-Bukhari.

Jalaluddin Asy-Syuyuthi & Jalaluddin Muhammad Ibn Ahmad Al-Mahalliy, terj. Tafsir Jalalain, Pustaka Al-Hidayah, Tasikmala; 2009.

M. Abdul Hamid, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan metode, strategi, materi dan media., UIN-Malang press, Malang; 2008.

M. Ramli, Media dan Teknologi Pembelajaran, Cet. ke-1, Antasari Pers, Banjarmasin; 2012.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta; 2002. Rodhatul Jennah, Media Pembelajaran, Ct. ke-1, Antasari Pers, Banjarmasin; 2009.

Shinqithy Djjamaluddin dan H.M. Mochtar Zoerni, Ringkasan Shahih Muslim, mizan, Bandung; 2002.

Sudjana Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo Offset, Bandung; 2009.

Sunan At-Tirmidzi juz 4, CV. Asyifa, Semarang; 1992.

Umi Rosyidah, dkk, Active Learning Dalam Bahasa Arab, UIN-Maliki Press, Malang; 2008.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana, Jakarta; 2011.

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press, Jakarta; 2008.

Yusufhadi Miarso, Teknologi Komunikasi Pendidikan Pengertian dan Penerapannya di Indonesia, Pustekkom Dikbud dan CV Rajawali, Jakarta; 1986.

Zakiah Daradjat, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, cet. ke-1, Bumi Aksara, Jakarta; 1995.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles