Analisis Kualitatif Pengaruh Teknologi Digital terhadap Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengembangan Keterampilan Abad ke-21 di Indonesia

Authors

  • Asmadewi Universitas Islam Annur Lampung, Indonesia
  • Diana Universitas Tadulako, Indonesia

Keywords:

Analisis Kualitatif, Teknologi Digital, Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Abad ke-21, Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PBL) semakin populer sebagai metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21, namun penerapannya di Indonesia masih menghadapi tantangan, terutama terkait akses teknologi yang tidak merata dan keterampilan digital yang bervariasi di kalangan siswa dan pengajar. Masalah utama yang dihadapi adalah bagaimana teknologi digital, termasuk alat kolaborasi daring dan platform pendidikan, dapat mendukung desain dan implementasi PBL yang efektif, serta dampaknya terhadap keterlibatan siswa dan pengembangan keterampilan praktis mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur untuk mengkaji berbagai penelitian terdahulu terkait penerapan teknologi dalam PBL dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode analisis dokumen digunakan untuk menilai pengaruh penggunaan alat digital terhadap keterlibatan siswa dalam proyek, serta pengembangan keterampilan kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi kolaborasi yang lebih efisien, dan memperkaya proses kreatif dalam proyek. Alat seperti Google Classroom, Microsoft Teams, dan Trello mendukung komunikasi lebih cepat, meningkatkan efisiensi kolaborasi, dan memperluas akses ke materi pembelajaran. Namun, tantangan signifikan terkait dengan ketidakmerataan infrastruktur digital dan kurangnya keterampilan teknis di beberapa daerah masih menghambat efektivitas penerapan PBL. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pelatihan yang memadai bagi siswa dan pengajar serta meningkatkan akses teknologi agar PBL berbasis digital dapat berjalan dengan optimal di Indonesia

References

Anderson, C., & Kuster, D. (2018). The role of technology in student engagement and achievement. Journal of Educational Technology, 45(2), 55-72. https://doi.org/10.1016/j.jetech.2018.03.012

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Anderson, T. (2020). The Theory and Practice of Online Learning. Athabasca University Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Brennan, K., & Resnick, M. (2012). New frameworks for studying and assessing the development of computational thinking. In Proceedings of the 2012 annual meeting of the American Educational Research Association.

Brown, R. (2016). Designing Effective Digital Learning Environments. Wiley-Blackwell.

Chen, L., Yang, Z., & Li, S. (2020). Enhancing student collaboration through digital tools: A review of empirical research. International Journal of Educational Technology, 41(3), 199-215. https://doi.org/10.1080/15391523.2020.1757783

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Garrison, D. R., & Anderson, T. (2018). E-learning in the 21st Century: A Framework for Research and Practice. Routledge.

Harris, L. (2017). Digital Assessment Strategies for Enhancing Learning and Engagement. Routledge.

Hsieh, S., Chao, C., & Wang, L. (2019). Collaborative learning in the digital classroom: Trends and challenges. Computers & Education, 133, 108-120. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.006

Jannah, I. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah Indonesia: Tantangan dan Peluang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 34(2), 87-104.

Johnson, L., & Adams, S. (2017). The 2017 Horizon Report: 15th Edition. New Media Consortium.

Liu, Y., & Zou, Z. (2021). Fostering creativity through technology in project-based learning environments. International Journal of Innovation in Education, 8(1), 45-59. https://doi.org/10.1007/s10944-021-00349-y

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

P21 (2019). Framework for 21st Century Learning. Partnership for 21st Century Learning. https://www.p21.org/our-work/p21-framework

Park, Y. (2017). Digital learning platforms and their effectiveness in the classroom: An empirical study. Educational Technology & Society, 20(4), 99-110.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE Publications.

Prawiradilaga, S., & Yuliana, L. (2020). Pendidikan Digital di Indonesia: Menanggulangi Tantangan Akses dan Keterampilan Jurnal Pendidikan Indonesia, 45(3), 112-125.

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and learning 21st century skills: Lessons from the learning sciences. In The Future of Children, 22(2), 13-35.

Smith, J., Johnson, S., & Miller, K. (2020). The impact of digital tools on student engagement in project-based learning. Educational Technology Research and Development, 68(4), 1245-1260. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09742-9

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumardi, H. (2020). Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah di Indonesia: Pengaruhnya terhadap Pengembangan Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 44(2), 195-210.

Suryanto, D. (2021). Keterbatasan Akses Teknologi dalam Pendidikan di Daerah Terpencil: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 28(1), 23-40.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.

Thompson, L., White, R., & Williams, M. (2019). Collaborative Learning in the Digital Era. Springer Nature.

Wulandari, N. (2021). Teknologi dalam Pembelajaran: Meningkatkan Keterlibatan atau Mengurangi Interaksi? Jurnal Pendidikan Teknologi, 39(1), 50-67.

Yoon, H., & Lee, K. (2018). Peer feedback in digital project-based learning environments. Journal of Educational Psychology, 110(1), 41-52. https://doi.org/10.1037/edu0000246

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles