Implementasi Manajemen Disain Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung

Authors

  • Cafrina Dianty Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia
  • Yulinar Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia
  • An An Andari Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia
  • Agus Sujarwo Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia
  • Nur Hidayah Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Desain Evaluasi, Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi mengevaluasi Disain Pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jeniis pendekatan kualitatif desktiptif,  Pengumpulan data dilakukan melalui berapa tahapan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpula, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Subjek Penelitian terdiri dari Kepala sekolah, kurikulum Wakasek, guru Pendidikan Agama Islam Yang terdiri Dari Guru Al Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak Dan SKI. Setelah Data Tekumpul maka Langkah selanjutnya adalah dengan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Implementasi Manajemen Evaluasi Disain Pembelajaran Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung telah sesui Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah namun masih ditemukan kesenjangan dimana: 1) pada perencanaan desain dalam penyusunan materi/materi belum berurutan, analitis, terkait dengan kondisi dan aktualnya; 2) evaluasi kinerja instalasi pembelajaran guru biologi sudah mengacu pada standar yang berpedoman pada komponen aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tidak ada kesenjangan; 3) Proses pelaksanaan penyampaian materi belum berurutan, analitis, terkait kondisi dan aktual, serta pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup belum terlaksana secara maksimal; 4) pada hasil belajar telah dilakukan penilaian autentik terhadap proses belajar mengajar yaitu penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik tetapi penilaian afektif hanya menilai siswa berprestasi. Rekomendasi perlu dilakukan untuk memperbaiki desain, proses, dan hasil agar dalam pelaksanaannya menyesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan.

References

Bintari, dkk. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problrm Basaed Learning) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. 3(1). Tersedia pada: http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/view/1185.

Djumali & Erlina W. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 di SMK Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 28(1): 31-40. Tersedia pada: http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/6770.

E. Mulyasa, D. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Nusantara Education Review. 1(2): 57-64. Tersedia pada: http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/67/47.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI/SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gusti, S. (2017). Analisis Hasil Implementasi Kurikulum 2013 dalam Aspek Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Prodi Pendidikan Pendidikan Agama Islam . 6(5): 312-322. Tersedia pada: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pbio/article/view/8127/0.

Hasan, M., & Anita, A. (2022). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DI MA AL ISHLAH NATAR DAN MA MATHLAUL ANWAR CINTA MULYA. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 85–97. https://doi.org/10.24127/ATT.V6I1.2144

Hasan, M., Warisno, A., Harahap, N., Hidayati Murtafiah, N., & Agama Islam An Nur Lampung, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba, 5(2), 34–54. https://doi.org/10.51614/ANNABA.V5I2.156

Irawan, M. N. L., Yasir, A., Anita, A., & Hasan, S. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4273–4280. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.8887

Kemendikbud. 2016. Permendikbud 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Karmana, Oman. 2007. Cerdas Belajar Pendidikan Agama Islam . Bandung: Grafindo Media Pertama.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Markle, R., & O’Banion, T. (2014). Assessing Affective Factors To Improve Retention and Completion. Learning Abstracts. 17(11). Tersedia pada: Retrieved from https://www.ets.org/s/successnavigator/pdf/learning_abstracts_markle_o banion.pdf.

Mukminan. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Pratiwi, U., & Farida, E. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 1(1): 123-142. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/330.

Qoriah, S., Tamyis, & Hasan, M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Journal on Education, 5(4), 11454–11461. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I4.2086

Retnawati, H. (2015). Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama dalam Menerapkan kurikulum Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Th. XXXIV (3): 390-403. Tersedia pada: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/heri-retnawati-dr/cp-heri-retnawati-20153-7694-19613-1-pb.pdf.

Rose Clare & Glenn F. Nyre. 1977. The Practice Of Evaliation. Princetion: Education Testing Service; Princeton, New Jersey: ERIC/TM Report 65.

Roza, A. dkk (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di SMA Negeri Sekota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 1(2): 132-135. Tersedia pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/view/3535/1883.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2): 166-178. Tersedia pada: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep.

Sulistya, E. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan. 25(5): 416-423. Tersedia pada: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/Jurnal-Manajemen-Pendidikan-volume-24-no.-5.pdf#page=64.

Sultoni, A. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa Di Mandarasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 4(1): 69-91. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/118037-ID-implementasi-kurikulum-2013-dalam-mengem.pdf.

Oktoviana, V. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pengelolaan Penilaian Autentik Guru IPA SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(2): 139-151. Tersedia pada: http://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1775/1073.

Downloads

Published

2023-05-07

Issue

Section

Articles