PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN NILAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA KELAS IV SDN 04 METRO BARAT
Keywords:
Media Pembelajaran Papan Nilai, Hasil Belajar, PecahanAbstract
Pendidikan merupakan salah satu sarana penting dalam melahirkan dan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Berdasarkan hasil observasi di SDN 04 Metro Barat, guru sudah berusaha disiplin dan menggunakan berbagai cara agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, akan tetapi masih terdapat siswa yang kurang bersemangat saat proses belajar mengajar dimana hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan serta menggunakan metode yang bervariasi, salah satunya dengan menggunakanmedia pembelajaran papan nilai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran papan nilai terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design, sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa SDN 04 Metro Barat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian di SDN 04 Metro Barat dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran papan nilai terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan di SDN 04 Metro Barat
References
Ahmad Tanzeh, Metode Penelitian Praktis, (Yogyakarta, 2011).
Aisyah Fitri Handayani, ‘Penggunaan Alat Peraga Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 5 Raman Aji Kecamatan Raman Utara’ (IAIN METRO, 2019).
Antomi Siregar Yuberti, ‘Pengantar Metodologi Pendidikan Matematika Dan Sains’, Aura (Bandar Lampung, 2017).
Armay Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).
Azhar Arsyad, ‘Media Pembelajaran’, (Jakarta : Rajawali Pers 2014).
Burhan Bungin, Metodoloi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya.
Cucun Sunaengsih, ‘Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A’, 3.2 (2016).
Daftar Nilai Ulangan Harian Matematika Kelas IV SDN 04 Metro Barat’.
Dwi Agung Wahono, Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Metro Pusat Tahun Pelajaran 2014/2015’ (Metro:STAIN Jurai Siwo Metro, 2015).
Dwi Rina Sulistyaningsih, Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Tiga Dimensi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri Kelas V MI (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013).
E Mulyani and I Yatri, ‘Analisis Kebutuhan Penggunaan Papan Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Mengenal Bilangan Pecahan Kelas II SD’, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06.02 (2022).
Hamid Darmagi, Dimensi-Dimensi Metodologi Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013).
Heruman, Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, (Bandung: Rosdakarya).
Ika Indah Sari dkk, Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Poliwali.
Karwono dan Heni Mularansih, Belajar Dan Pembelajaran Serta Manfaat Sumber Belajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012).
M. Andi, ‘Metodologi Penelitian Pendidikan’, 2003.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Renika Cipta,, 2010).
Martini Dwi Purnama Dkk, Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan Dan Operasi Bagi Kelas 1 Di SDN 1 Kota Malang, , Vol 1 (Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika : 2017).
Masfi Sya’fiatul Ummah, Metode Penelitian Kuantitatif, Sustainability (Switerland), 2019.
Mulyono Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta).
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder,t,t,75.
Nanang Priatna, Pembelajaran Matematika, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019).
Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011).
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Bumi Aksara).
Q.S Al-Insyirah (94).
Riduwan, ‘Belajar Mudah Penelitian’, (Bandung: Erlangga, 2010).
Rodhatul Jennah, Konsep Media Pembelajaran (Antasari Press, 2009).
Rostina Sundayana, Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, (Bandung: Alfabeta, 2016).
Rukminingsih, Gunawan Adnan, and Mohammad Adnan Latief, Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, Journal of Chemical Information and Modeling, 2020, LIII.
Setiawan, Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran, Uwais Inspirasi Indonesia, (2017).
Setria Utama Rizal and others, Media Pembelajaran (Bekasi: CV.Nurani, 2016).
Sudaryono, Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012).
Sugiyono, Metode Penelitian ; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta).
-------, Metode Penelitian Kombinasi, (Bandung: Alfabeta, 2011).
-------, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015).
-------, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2012).
-------, Statiska Untuk Penelitian , (Bandung: Alfabeta, 2014).
Suharsimi Arikunto, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 1993).
-------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Renika Cipta 2010).
Syaiful Bahri dan Aswan Zain, ‘Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta Rineka Cipta, 2006).
Teni Nurrita, Kata Kunci : Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa, 03 (2018).
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 4., 1, 2003.
Wayan Somayana, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM, 1.3 (Jurnal Pendidikan Indonesia: 2020)
Wono Setya Budhi, ‘Matematika SD/MI Kelas IV’ (Jakarta).
Zuhairi dkk, Pedoman Penulisan Skripsi ,2023 Ed. (Metro: IAIN Metro,t.t.).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nuryanto, S.Ag, M.Pd.I, Sa’diyatul Khasanah, S.Pd

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.