Implementasi Model Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Islam Darul Hidayah Bandar Lampung

Authors

  • Meti Oktapia Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia
  • Roaini Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia
  • An An Andari Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia
  • Agus Sujarwo Universitas Islam An Nur Lampung , Lampung, Indonesia
  • Nur Hidayah

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatan kualitas atau mutu pembelajaran mulai dari proses perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum, pengawasan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Lembaga pendidikan yang diteliti adalah Sekolah Menengah Pertama SMP Islam Darul Hidayah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik, yakni melakukan pengambilan data serta dideskrpisikan secara alami sesuai dengan keadaan dan kondisi yang sesungguhnya dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatan kualitas pembelajaran di SMP Islam Darul Hidayah Bandar Lampung sudah berjalan cukup baik yang diawali dengan proses perencanaan kurikulum dan berlanjut dengan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Melalui perencanaan, kepala SMP Wiraswasta Batang Kuis bersama Tim Pengembangan Kurikulum menyusun program kurikulum mulai dari program semester, program tahunan, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, bahan pembelajaran serta media pembelajaran yang dibutuhkan selama satu tahun pelajaran. Sementara dalam pengorganisasian, pihak sekolah menyusun kurikulum yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional serta disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Program-program tersebut selanjutnya diperkenalkan dan dilaksanakan oleh para guru dan siswa dengan baik. Agar program-program tersebut terlaksana dengan baik, maka dilakukan pengawasan dan evaluasi

References

Alawiyah, F. (2013). PERAN GURU DALAM KURIKULUM 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65–74. https://doi.org/10.46807/ASPIRASI.V4I1.480

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/JURNALBUANAPENGABDIAN.V1I1.581

Anita, A., Putri, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(2), 135–147. https://doi.org/10.24127/ATT.V6I2.2377

Destrianjasari, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). PENGERTIAN, TEORI DAN KONSEP, RUANG LINGKUP ISU-ISU KONTEMPORER PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/JIME.V8I2.3304

Hamidah, A. Z., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 1–15. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/88

Hasan, M., & Anita, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Di MA Al Ishlah Natar Dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 85–97. https://doi.org/10.24127/ATT.V6I1.2144

Hasan, M., Warisno, A., Harahap, N., & Hidayati Murtafiah, N. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba, 5(2), 34–54. https://doi.org/10.51614/ANNABA.V5I2.156

Hoddin, M. S. (2020). Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Pra-Kemerdekaan hingga Reformasi. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 15–30. https://doi.org/10.30984/JII.V14I1.1035

Imron, A., & Burhanuddin. (2004). Perspektif manajemen pendidikan berbasis sekolah. UM Press.

Irawan, M. N. L., Yasir, A., Anita, A., & Hasan, S. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4273–4280. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.8887

Ismanto, H., Murtafi’ah, N. H., & Lestari, S. (2022). IMPLEMENTASI PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGRI 1 BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN. UNISAN JURNAL, 1(1), 491–501. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/260

Ismaya, A. (2019). Metodologi Penelitian. Syiah Kuala University Press.

Miana Solehah, A., Yanti, D., Hasan, M., Islam An Nur Lampung, U., Pesantren No, J., Jati Agung, K., & Lampung Selatan, K. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Mewujudkan Pembelajaran Humanistik Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX Di Madrsah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadiin. Journal on Education, 5(4), 11166–11173. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I4.2041

Mulyono, A. (2020). Apologia Pendidikan Kaum Miskin. Guepedia.

Sriwidadi, T. (2001). Manajemen Mutu Terpadu. The Winners, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.21512/TW.V2I2.3817

Warisno, A. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Kabupaten. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 3(02), 99. https://doi.org/10.32332/riayah.v3i02.1322

Downloads

Published

2023-05-07

Issue

Section

Articles