Krisis Pembentukan Sumber Daya Manusia di Pesantren: Mengatasi Kesenjangan Kualitas di Era Digital Melalui Solusi Adaptif
Keywords:
Sumber Daya Manusia, Pesantren, Kesenjangan Kualitas, Era Digital, Solusi AdaptifAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi tantangan dan peluang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di pesantren melalui integrasi teknologi pendidikan. Fokus utama adalah mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapan teknologi di Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi untuk meningkatkan kesiapan lulusan di era digital. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dapat meningkatkan keterampilan digital dan membuka akses pembelajaran yang lebih luas bagi santri, pesantren masih menghadapi kendala akses internet, keterbatasan infrastruktur, dan minimnya tenaga pengajar yang diaktifkan dalam teknologi. Rekomendasi mencakup pelatihan teknologi bagi pengajar dan peningkatan infrastruktur pendukung. Selain itu, kolaborasi eksternal dengan perguruan tinggi, industri, dan pemerintah, yang didukung oleh Undang-Undang Pesantren, dipandang sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas pesantren dalam mencetak lulusan yang berkarakter dan berdaya saing.
References
Adawiyah, Robiatul. “Strategi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Santri Studi Kasus Pondok Pesantren Mahasina Darul Quran Wal Hadits.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, n.d.
Adrianda, Irsan, and Mutia Tisa. “Dilema Kultur Dayah Tradisional Di Aceh Menghadapi Transformasi Era Media DigitaL.” Bayan Lin-Naas: Jurnal Dakwah Islam 6, no. 2 (2022): 89–109.
Afriza, Dewa Erka. “Penerapan Pendidikan Tanpa Kekerasan Dalam Mewujudkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Assalam Putra Sukabumi.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, n.d.
Aimah, Siti, Muhammad Nasih, Nihayatul Wafiroh, and Fathiyah Mohd Fakhruddin. “Engaging Generation Z: Marketing Innovations in Islamic Boarding Schools for Sustainability.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 3 (2024): 874–88.
Baitiyah, Baitiyah, Anis Khofifatun Nafilah, and Mabnunah Mabnunah. “Strategi Pengembangan Pendidikan Madrasah Di Bangkalan (Sinergi Tradisi Dan Modernitas).” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 12, no. 1 (2024): 186–98.
Barokah, Fitri, and Zalia Sari. “Peluang Dan Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6, no. 3 (2024): 721–37.
Dewimah, Putri Tazkiyah. “Penerapan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Santri Santri Di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Kec. Belitang Kab. Oku Timur.” Uin Raden Intan Lampung, 2024.
Dontre, Alexander J. “The Influence of Technology on Academic Distraction: A Review.” Human Behavior and Emerging Technologies 3, no. 3 (2021): 379–90.
Elsa, Juliah Dini. “Analisis Strategi Pengelolaan Dan Inovasi Bank Wakaf Mikro Dalam Pemberdayaan Kelompok Usaha Mikro Di Era Digital (Studi Pada Bank Wakaf Mikro (BWM) Syariah Pondok Pesantren Minhadlul’ulum Kabupaten Pesawaran Lampung).” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2024.
Farhanuddin, Farhanuddin, Mardiyono Mardiyono, and Budiar Budiar. “Inovasi Administrasi Publik Dalam Menyokong Pengembangan Kurikulum Pesantren Di Era Digital: Studi Di Yayasan Pondok Pesantren Al-Arif NW Teko.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 3 (2023): 2073–80.
Hanafi, Yusuf, Ahmad Taufiq, Muhammad Saefi, M Alifudin Ikhsan, Tsania Nur Diyana, Titis Thoriquttyas, and Faris Khoirul Anam. “The New Identity of Indonesian Islamic Boarding Schools in the ‘New Normal’: The Education Leadership Response to COVID-19.” Heliyon 7, no. 3 (2021).
Harmathilda, Harmathilda, Yuli Yuli, Arief Rahman Hakim, Damayanti Damayanti, and Cecep Supriyadi. “Transformasi Pendidikan Pesantren Di Era Modern: Antara Tradisi Dan Inovasi.” Karimiyah 4, no. 1 (2024): 33–50.
Harmathilda, Harmathilda, Yuli Yuli, Arief Rahman Hakim, and Cecep Supriyadi. “Transformasi Pendidikan Pesantren Di Era Modern : Antara Tradisi Dan Inovasi.” Karimiyah 4, no. 1 (2024): 33–50. https://doi.org/10.59623/karimiyah.v4i1.51.
Hasan, Moch Sya’roni, and Abdul Aziz. “Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik Di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 3, no. 2 (2023): 143–59.
Hizbulloh, Nurhadi, Afif Anshori, and Nur Hidayah. “Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah Di Era Globalisasi (Studi Pondok Pesantren Tradisional Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 001 (2023).
Ilyasin, Mukhamad. “Transformation of Learning Management: Integrative Study of Islamic Boarding School Curriculum.” Dinamika Ilmu 20, no. 1 (2020): 13–22.
Jamroji, Bagus. “Komersialisasi Pesantren: Tantangan Dan Peluang Dalam Mempertahankan Keaslian Pendidikan Islam Di Indonesia.” Journal of Education and Religious Studies 4, no. 01 (2024): 22–30.
Jubba, Hasse, Mustaqim Pabbajah, Irwan Abdullah, and Juhansar Juhansar. “Document-Reorienting Moral Education for Millennial Muslims-the Changing Role of Islamic Boarding Schools in Indonesia.” Islamic Quarterly 65, no. 3 (2022): 423–42.
Karimah, Ummah, Diah Mutiara, Rizki Rizki, and Muhammad Farhan. “Pondok Pesantren Dan Tantangan: Menyiapkan Santri Tangguh Di Era Society.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2023): 42–59.
Kartika, Yuni. “Transformasi Pembelajaran Pesantren Di Era Digital: Penelitian Di Pondok Pesantren Sirojul Ummah Di Kampung Sunagar RT 12 RW 07 Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2024.
Khofi, Mohammad Bilutfikal, and Mufasirul Furqon. “Strategi Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren.” INCARE, International Journal of Educational Resources 5, no. 3 (2024): 265–88.
Khoiriyah, M Ag. Manajemen Pesantren Di Era Globalisasi. Airlangga University Press, 2022.
Kholilah, Kholilah, Sutiono Sutiono, and Syarifah Soraya. “Tradisi Pembelajaran Pesantren Dan Relevansinya Dengan Skill Di Era Digital 4.0.” Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 6, no. 1 (2024): 136–51.
Latipah, Euis, Andewi Suhartini, and Nurwadjah Ahmad EQ. “The Existence of Islamic Boarding Schools in Responding to the Challenges of Era 4.0.” Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 2 (2023).
Lundeto, Adri. “Perkembangan Pendidikan Islam Di Era Globalisasi: Tantangan Dan Peluang.” Journal of Scientech Research and Development 5, no. 2 (2023): 15–29.
Lundeto, Adri, Ishak Talibo, and Shinta Nento. “Challenges and Learning Strategies of Islamic Education in Islamic Boarding Schools in the Industrial Revolution Era 4.0.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 13, no. 3 (2021): 2231–40.
Ma’ruf, Rachmad Arif, Darmanto Darmanto, Mohamad Haditia, Fatimatul Asroriah, Bima Fandi Asy’arie, and Zuhairi Zuhairi. “Islamic Boarding Schools and Technology: Efforts to Overcome Social Changes in Santri Misuse of Gadgets.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 16, no. 2 (2024): 2472–84.
Marjuni, Marjuni, Adly Rosyad Fudhulul Ulwani, and Ahmadi Ahmadi. “The Innovation of Moderate Islamic Curriculum in Islamic and Western Education Debate.” In Proceeding: International Conference on Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo, 117–40, 2022.
Marwiji, Muh Hasan, Wahyudin Wahyudin, Joko Setiono, Bambang Qomaruzzaman, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren Dan Madrasah Aliyah Pada Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Alwasilah Lilhasanah Islamic Boarding School.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (2024): 2528–35.
Maulana Hasanuddin Banten, Sultan, Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Jakarta Timur, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, et al. “Eksplorasi Penggunaan Teknologi 5G Dalam Mendorong Inovasi Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7, no. 1 (2024): 885–97. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/.
Meliani, Fitri, Andewi Suhartini, and Hasan Basri. “Dinamika Dan Tipologi Pondok Pesantren Di Cirebon.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 2 (2022): 297–312.
Muhith, Abd, Yudo Dwiyono, Siti Munawati, Ali Mustofa, and Sugeng Haryanto. “Challenges of Islamic Boarding School Organizational Culture in The Millennial Generation and The Digital Era 4.0.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 3 (2023): 457–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i3.4231.
Muid, Abdul, Siti Fauziyah, Khofiyul Arif, and Hafiah Hafidhotul Ilmiyah. “Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Teknologi.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (2023): 818–31.
Mukhlis, Mukhlis. “Komponen Utama Kurikulum Pendidikan Islam Di Lingkungan Pesantren Sebagai Pembentuk Karakter Dan Keagamaan Santri.” Al-Ma’had: Jurnal Ilmiah Kepesantrenan 1, no. 02 (2023): 138–58.
Musolin, Mukhamad Hadi, Mohamad Hazli Ismail, Miftachul Huda, Sari Laelatul Qodriah, Rusmawati Raja Hassan, Azman Ismail, and Maragustam Siregar. “Toward an Islamic Education Administration System: A Critical Contribution from Technology Adoption.” In International Congress on Information and Communication Technology, 309–23. Springer, 2024.
Muzakky, Ridwan Maulana Rifqi, Rijaal Mahmuudy, and Andhita Risko Faristiana. “Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0.” ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora 1, no. 3 (2023): 240–55. https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/ALADALAH/article/view/371.
Nikmatullah, Cecep, Wawan Wahyudin, Naf’an Tarihoran, and Anis Fauzi. “Digital Pesantren: Revitalization of the Islamic Education System in the Disruptive Era.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 18, no. 1 (2023): 1. https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.5880.
Panut, Panut, Giyoto Giyoto, and Yusuf Rohmadi. “Implementasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren Terhadap Pengelolaan Pondok Pesantren.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 2 (2021): 816–28.
Rahman, Syaifur. “Program Pendidikan Entrepreneurship Dan Agropreneurship Dalam Mengembangkan Life Skills Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Itqan Depok).” Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, n.d.
Rahman, Yudi Ardian. “Manajemen Komunikasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Pesantren Era Belajar Merdeka.” Dosen Merdeka 179 (2021).
Riyadi, Ahmad Ali. Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Industri. UNISNU PRESS, 2023.
Rochmat, Cecep Sobar, Angelica Silfana Prisca Yoranita, and Haqiyah Afifi Putri. “Islamic Boarding School Educational Values in Efforts to Realize Student Life Skills at University of Darussalam Gontor.” International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research 1, no. 2 (2022): 6–15.
Roqib, Moh. “Increasing Social Class through Islamic Boarding Schools in Indonesia.” Journal of Social Studies Education Research 12, no. 2 (2021): 305–29.
Safira, Syifa, Fatihatus Solihah, Devia Aini Nur Syiffa, and H E Syarifudin. “Pendidikan Islam Dalam Era Globalisasi.” Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2, no. 7 (2023).
Saini, Mukhamat. “Pesantren Dalam Era Digital: Antara Tradisi Dan Transformasi.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 16, no. 2 (2024): 342–56.
Selwyn, Neil, and Jesper Aagaard. “Banning Mobile Phones from Classrooms—An Opportunity to Advance Understandings of Technology Addiction, Distraction and Cyberbullying.” British Journal of Educational Technology 52, no. 1 (2021): 8–19.
Sholeh, Muh Ibnu, and Nur Efendi. “Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital.” Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5, no. 2 (2023): 104–26.
Smadi, Mohammad Abed-Latif Mohammad, Abdul Halim Mohammad, and Faizahani Ab Rahman. “Barriers in Instructional Technology Integration in Teachers in Social Studies at Jordan Elementary School.” Pedagogia: Jurnal Pendidikan 9, no. 1 (2020): 35–44.
Soleh, Muhamad Ibnu. “Transformasi Administrasi Pondok Pesantren Modern Di Indonesia.” Journal of Education and Religious Studies 4, no. 02 (2024): 50–59.
Sukmawati, Ellyzabeth, S ST, M Keb, Heri Fitriadi, Yudha Pradana, M Pd Dumiyati, S Pd Arifin, M Sahib Saleh, Hastin Trustisari, and Pradika Adi Wijayanto. Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri, 2022.
Sya’bani, Mochammad Yusuf. “Strategi Guru PAI Kelas XI SMK Pondok Pesantren Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang Dalam Menghadapi Tantangan Era Society 5.0.” Universitas Islam Indonesia, 2023.
Syafi’AS, A, and Ainun Najib. “Strategi Pembelajaran Lembaga Pendidikan Pesantren Dalam Mengahadapi Era Digitalisasi.” Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya 7, no. 2 (2022): 313–37.
Tamam, Badrud. “Analisis Kebijakan UU Pesantren Dalam Perkembangan Pendidikan Islam Perspektif Sosio Historis.” Institut Agama Islam Negeri Madura, 2024.
Thohir, Ajid, Mulyana Mulyana, and Ucep Hermawan. “Kyai Dan Pendidikan Kewirausahaan: Membangun Ekonomi Masyarakat Perkotaan.” Gunung Djati Publishing, 2024.
Trisnawati, Ira, Ardhina Nur Aflaha, and Miratul Hasanah. “Peningkatan Sumber Daya Manusia Sebagai Landasan Pengembangan Berkelanjutan Di Pondok Pesantren.” Al-Munazzam: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Manajemen Dakwah 4, no. 1 (2024): 1–13.
Ulya, Jauharotun Nafisatul, and Anisah Triyuliasari. “Peran Kyai Dalam Pengelolaan Pesantren Di Era Global.” Jurnal Pendidikan Nusantara 3, no. 1 (2024): 31–43.
Yaqin, Ainul, and M Syarif. “Pendampingan Pesantren Al-Barakah Mojokerto Dalam Membangun Organisasi Sehat Untuk Meningkatkan Ketahanan Di Era Digital.” In Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 3:685–98, 2022.
Yusuf, Furtasan Ali. “An Investigation on the Learning Barriers of Boarding School Students In Terms of Different Dimensions of the Curriculum Implementation.” Pegem Journal of Education and Instruction 13, no. 1 (2022): 301–8.
Yusuf, Iqbal Anggi. “Ragam Model Penanaman Karakter Di Satuan Lembaga Pendidikan (Pesantren, Madrasah Dan Sekolah).” Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research 2, no. 3 (2024): 85–104.
Yusuf, Muhammad, Ali Arifin, and M Slamet Yahya. “Tradisi Pendidikan Dan Penanaman Akhlak Di Pondok Pesantren Dalam Membangun Pendidikan Karakter Di Era Post Modern.” MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2023): 1–9.
Zibbat, Muhammad, and Ahmad Hariri. “Eksistensi Pendidikan Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Nasional Berdasarkan Undang-Undang Pesantren.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman 11, no. 1 (2024): 103–17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahma Nanda Nur Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.