PERAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-IKHLAS
Keywords:
Strategi Guru BK, Kenakalan Siswa, Konseling IndividuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Ikhlas. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang implementasi MBS dan dampaknya terhadap pendidikan karakter. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di SDIT Al-Ikhlas efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif seluruh komponen sekolah dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan sumber daya, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter siswa. Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin visioner, memfasilitasi kolaborasi antar guru dan melibatkan orang tua serta komunitas dalam berbagai program sekolah. Kurikulum dan program kerja dirancang secara sistematis untuk mendukung pendidikan karakter, dengan hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek-aspek karakter siswa seperti kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan, komitmen dan kerjasama dari seluruh komponen sekolah telah membantu mengatasi sebagian besar hambatan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa MBS merupakan strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter di sekolah dasar, memberikan rekomendasi praktis bagi sekolah lain yang ingin menerapkan pendekatan serupa
References
Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Boston: Allyn & Bacon.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Los Angeles: SAGE Publications.
Depdiknas. (2006). Panduan Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Newbury Park, CA: SAGE Publications.
Merriam, S. B. (2009). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: Jossey-Bass.
Mulyasa, E. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sallis, E. (2008). Total Quality Management in Education. London: Kogan Page.
Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.
Tilaar, H.A.R. (2004). Manajemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, H.B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wiyani, N.A. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Yamin, M. (2006). Strategi dan Implementasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods. Los Angeles: SAGE Publications.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Untung Sunaryo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.