PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ISLAM
Keywords:
manajemen sarana dan prasarana, efektivitas pembelajaran, sekolah Islam, pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap efektivitas pembelajaran di sekolah-sekolah Islam. Manajemen sarana dan prasarana meliputi perencanaan, pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan fasilitas fisik serta sumber daya lainnya yang mendukung proses pembelajaran. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari beberapa sekolah Islam yang dipilih secara purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah-sekolah Islam bervariasi. Sekolah-sekolah dengan fasilitas yang memadai, seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium yang lengkap, perpustakaan yang memadai, dan akses terhadap teknologi informasi, melaporkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebaliknya, keterbatasan fasilitas berdampak negatif terhadap proses pembelajaran, di mana siswa cenderung kurang fokus dan kurang termotivasi.
Pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah-sekolah Islam dilakukan oleh tim khusus yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Kebijakan pengelolaan yang efektif meliputi perencanaan yang baik, pemeliharaan rutin, dan pengawasan ketat terhadap penggunaan fasilitas. Sekolah yang berhasil dalam manajemen sarana dan prasarana menerapkan berbagai strategi, seperti pemeliharaan rutin, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan pelatihan guru.
Penelitian ini menemukan bahwa manajemen sarana dan prasarana yang baik sangat berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran. Rekomendasi yang diberikan antara lain peningkatan perencanaan anggaran, pelatihan guru dalam penggunaan teknologi, peningkatan koordinasi dan pengawasan, serta kerjasama dengan pihak eksternal. Dengan manajemen yang tepat, sekolah-sekolah Islam dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan yang holistik, mencetak generasi muda yang berpengetahuan luas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2012). Tips Efektif Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.
Daryanto. (2013). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.
Fattah, Nanang. (2000). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Panduan Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rahmawati, S. (2017). "Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Menengah Islam." Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 90-105.
Suci Hartati. 2023. “PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN METODE GAME PADA RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH,” no. 07: 110–22.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Sugiyono. 2017.
Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Abad 21. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, Husaini. (2011). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Nur Lukman Irawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





