Peranan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX A SMP Yasih Kota Bogor

Authors

  • Siti Khodijah STIT SIROJUL FALAH Bogor, Indonesia
  • Alek Maulana STIT SIROJUL FALAH Bogor, Indonesia
  • Anita STAI IBNU RUSYD kotabumi, Lampung, Indonesia

Keywords:

Peranan Orang Tua, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Pokok permasalah dalam artikel ini adalah peranan orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam, dan adapun tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan orang tua terhadap prestasi belajar anak. Dalam artikel ini penulis menggunakan medote kuantitatif yang dimana penulis mengunakan teknik pengambilan data dengan angket untuk mengetahui pengaruh peranan orang tua dan studi dokumenter dengan melihat hasil nilai Pendidikan Agama Islam yang dihasikan pada raport untuk mengatahui prestasi belajar disekolah. hasil yang didapat dari korelasi product moment yaitu dapat kita lihat dari perhitungan uji statistik yang diperoleh hasilnya rxy = 0,41 setelah dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% (0,367) dan pada taraf signifikan 1% (0,470) dan ternyata hasil rxy sedang (cukup). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peranan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas IX A SMP Yasih Kota Bogor walaupun bersifat sedang atau cukupan.

References

Ali, Mohammad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1998.

Arifin, Pokok-pokok Pemikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta : Bulan Bintang, 2012.

Arifin, Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2012.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1992.

Irawan, Prasetyo, dkk, Materi Pokok Metode Penelitian Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

Makmun, Abin Syamsudin, Psikologi kependidikan perangkat system pengajaran modul, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.

Mohamad Toha Anggoro, Metode Penelitian, (Jakarta : Universitas Terbuka, 2009.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R&D, Bandung, AlfaBeta, 2014.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Sulaeman, Pendidikan dalam keluarga, Bandung: CV. Alfabeta, 1994.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2010

Downloads

Published

2023-04-17

Issue

Section

Articles