ANALISIS PENGARUH TEKANAN PSIKOLOGIS DAN BEBAN TUGAS TERHADAP KESEJAHTERAAN MENTAL SANTRI: STUDI KASUS Studi Kasus santri pondok pesantren Safiinatunnaja (PPQSN) di Mekarsari Rt 05 Rw 11 Kalibeber Mojotengah

Authors

  • Misbahudin Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Hidayatu Munawaroh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo

Keywords:

Tekanan Psikologis, Beban Tugas, Kesejahteraan Mental, Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tekanan psikologis dan beban tugas terhadap kesejahteraan mental santri di Pondok Pesantren Safiinatunnaja (PPQSN) Mekarsari Rt 05 Rw 11 Kalibeber Mojotengah Menggunakan metode kualitatif, studi ini mengeksplorasi pengalaman santri melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan psikologis santri disebabkan oleh tuntutan akademik, harapan orang tua dan ustaz, serta persaingan antar santri, yang berdampak pada stres, kecemasan, dan masalah kesehatan mental. Beban tugas santri mencakup tugas akademik, kegiatan ekstrakurikuler, dan kewajiban harian, yang menyebabkan kelelahan mental, ketidakseimbangan kehidupan, dan perasaan tertekan. Santri menerapkan strategi coping seperti manajemen waktu, dukungan sosial, dan teknik relaksasi untuk mengatasi tekanan tersebut. Penelitian ini merekomendasikan penyesuaian beban tugas, program kesehatan mental, dan komunikasi terbuka antara santri, ustaz, dan orang tua untuk meningkatkan kesejahteraan mental santri. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengelola pesantren dalam merancang intervensi yang lebih efektif untuk mendukung kesejahteraan mental santri.

References

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (5th ed.). Sage Publications.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The Sage Handbook of Qualitative Research (5th ed.). Sage Publications.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Munawaroh, Hidayatu, et al. “Dampak Kurangnya Motivasi Siswa SD/MI Terhadap Perkembangan Sosioemosional.” Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin 1, No. 02 (2023): 2.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (4th ed.). Sage Publications.

Downloads

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles