PERKEMBANGAN KURIKULUM PAI DAN IMPLEMENTASINYA DI MADRASAH DINIYYAH NURUL YAQIN SERI TANJUNG
Keywords:
Pengembangan Kurikulum PAI, ImplementasiAbstract
Jurnal ini bertujuan untuk: mendeskripsikan tentang implementasi kurikulum PAI. mengimplementasikan kurikulum PAI. Hasil tentang pengembangan kurikulum PAI: 1) Berpusat pada potensi perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya, 2) Beragam dan terpadu, 3) Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, 4) Relevan dengan kebutuhan kehidupan, 5) Menyeluruh dan berkesinambungan, 6) Belajar sepanjang hayat, 7) Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah. Implementasi di Madrasah Diniyyah Nurul Yaqin, yaitu: 1) Mengadakan Workshop atau mensosialisasikan tentang pembuatan RPP, 2) Menggunakan buku paket dari Kemenag dan juga kitab pesantren (Kitab Kuning), 3) Menggunakan metode pembelajaran nahwu amtsilati dari Jepara dan integrasi kurikulum dari Purworejo
References
Daulay, H. P. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fathurrohman, M. dan Sulistyorini. (2012). Meretas Pendidik Berkualitas dalam Pendidikan Islam menggagas Pendidik atau Guru yang Ideal dan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Idi, A. (2007). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Hamalik, O. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya
Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Offset.Irsad, M. (2016). “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi atas Pemikiran Muhaimin) Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro”, Jurnal Iqra’, 2 (1): 230- 268.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bimas Bukin, Firzah, M Nur Mahmudi, Mustafiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.