UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA KELAS V (LIMA) MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SDN NAGASARI IV

Authors

  • Intan Saharani Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Melani Damayanti Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Muhammad Fajar Akbari Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Aini Nur Farida Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Keywords:

Siswa, Meningkatkan Efektivitas, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini disebabkan karena tidak kondusifitasnya siswa pada saat pembelajaran PAI berlangsung. Oleh sebab itu, tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk memperbaiki atau menyempurnakan praktik pengajaran yang sebelumnya dilaksanakan di kelas V SDN Nagasari IV dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbasis Teams Games Tournament (TGT). Adapun langkah-langkah dalam Penelitian Tindakan Kelas yaitu terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jawaban penelitian ini menghasilkan perkembangan dari siklus Ⅰ kepada siklus II, pada siklus 1 diperoleh persentase yang didapatkan hanya sebesar 70,59% yang termasuk kedalam kategori cukup, sementara pada siklus Ⅱ diperoleh persentase yang didapatkan sebesar 94,11% yang termasuk kedalam kategori cukup baik. Hasil dari upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran dari siklus Ⅰ ke siklus Ⅱ menunjukan peningkatan. Penelitian ini dikatakan berhasil karena siswa telah tidak mengerjakan kegiatan lain yang menganggu situasi kelas

References

Agus Susilo, F. (n.d.). PELNINGKATAN ELFELKTIVITAS PADA PROSELS PELMBELLAJARAN.

Amarelndra, G. V., & Haryudo, S. I. (2015). PELNGARUH MODELL PELMBELLAJARAN KOOPELRATIF TIPEL TELAM ASSISTELD INDIVIDUALIZATION (TAI) DELNGAN MELNGGUNAKAN STRATELGI ELLABORASI PADA MATA PELLAJARAN INSTALASI TELNAGA LISTRIK UNTUK MELNINGKATKAN HASIL BELLAJAR SISWA DI KELLAS XI TELKNIK INSTALASI PELMANFAATAN TELNAGA LISTRIK DI SMK NELGELRI 5 SURABAYA. Jurnal Pelndidikan Telknik ELlelktro, 04(03), 1075–1081.

Aulia, T., Titin, & Wahyuni, S. EL. (2024). Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Melnggunakan Modell Koopelratif Tipel Telams Assisteld Individualization di Kellas VII MTs Al-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kellas, 4(2).

Fadillah, Ayuni, F., & Ritonga, Y. R. (2023). Upaya Pelningkatan ELfelktivitas Prosels Bellajar Siswa dalam Pelmbellajaran Pelndidikan Agama Islam. RAZIQ: Jurnal Pelndidikan Islam.

Panjaitan, W. A., Simarmata, EL. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Melnggunakan Modell Pelmbellajaran Discovelry Lelarning di Selkolah Dasar. Jurnal Basiceldu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basiceldu.v4i4.549

Panjaitan, W. A., Simarmata, EL. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Melnggunakan Modell Pelmbellajaran Discovelry Lelarning di Selkolah Dasar. Jurnal Basiceldu, 4(4), 775–1467.

Putri, N. P. R., ELfrizon, & Sriwahyuni, T. (2018). PELNELRAPAN MELTODEL PELMBELLAJARAN TELAM ASSISTELD INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MELNINGKATKAN HASIL BELLAJAR MATA PELLAJARAN SIMULASI DIGITAL KELLAS X RPL DI SMK NELGELRI 4 PAYAKUMBUH. Voteltelknika (Keljuruan Telknik ELlelktronika Dan Informatika), 6(1).

Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). MELNINGKATKAN MOTIVASI BELLAJAR PADA RELMAJA MELLALUI KNSELLING BELHAVIORAL DELNGAN TELKNIK SELLF MANAGELMELNT. Proyelksi, 18(1).

Rosarian, A. W. (2020). UPAYA GURU DALAM MELMBANGUN INTELRAKSI SISWA MELLALUI MELTODEL BELLAJAR SAMBIL BELRMAIN. Dirgantoro, Kurnia, Putri, Selpdikasari, 3(2), 146.

Sagala, H. S., & Sasmira, N. (2010). ELfelktivitas Meltodel Discovelry Lelarning delngan Meltodel Diskusi Untuk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Pada Sup Pokok Bahasan Melngelnal Alat-Alat Kantor Kellas XI SMK Nelgelri 7 Meldan Tahun Pelmbellajaran 2008/2009. 89–94.

Selmbiring, I., Tarigan, B., & Budiana, D. (2020). Modell Koopelratif Telam Gamels Tournamelnt (TGT): Pelningkatan krelatifitas, kelrjasama dan keltelrampilan belrmain selpakbola siswa tunarungu. ELDU SPORTIVO: INDONELSIAN JOURNAL OF PHYSICAL ELDUCATION, 1(2).

Toifur, A., & Kurniawan, D. W. (2022). ELFELKTIVITAS MELTODEL PELMBELLAJARAN TELAMS GAMELS TOURNAMELNTS (TGT) TELRHADAP KELMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA. JPTM: Jurnal Pelndidikan Telknik Melsin, 11(02).

Wibowo, N. (2016). UPAYA PELNINGKATAN KELAKTIFAN SISWA MELLALUI PELMBELLAJARAN BELRDASARKAN GAYA BELLAJAR DI SMK NELGELRI 1 SAPTOSARI. Jurnal ELlelctronics, Informatics, and Vocational ELducation (ELLINVO), 1(2).

Winarsih. (2022). Pelningkatan Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatika pada Matelri Velktor Melnggunakan Modlel Pelmbellajaran Belrbasis Masalah Siswa Kellas X MIA SMAN 1 Balai Riam Tahun Prlajaran 2021/2022. Melreltas: Jurnal Ilmu Pelndidikan, 9(1).

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles