Strategi Pengelolaan Kelas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa pada pembelajaran PAI di SMK YAMABA PURWAKARTA

Authors

  • Nia Karnia Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Alya Dwi Arida Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Amsiah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Azelia Mutiara Ramli Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Gilang Ramdan Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Keywords:

Pengelolaan Kelas, , Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Siswa dapat belajar dengan baik, dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, diperlukan pengelolaan kelas yang memadai. maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pengelolaan kelas di yamaba, metode penelitian ini digunakan oleh penulis menggunakan metode kualitatif. penelitian ini bertujuan ditunjukan kpada siswa kelas X yamaba. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. kajian dan bahasan ini meliputi bagaimana bentuk implementasi pengelolaan kelas dalam pelaksanaan pembelajaran di SMK Yamaba Purwakarta, lalu mengetahui hambatan guru dalam upaya pengelolaan kelas dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kedisiplinan siswa di SMK Yamaba

References

Adiningtiyas, S. W. (2017). Program Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa (Personal Guidance Program To Improve Student Dicipline Behavior). Jurnal KOPASTA, 4(2), 55–63.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Dyah, D. (2014). Pengelolaan Kelas Yang Efektif. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, 6(1), 61–67.

Kinesti, R. D. A., Taqiya, N., Nisak, L. H., Pionika, R. V., Praharsini, A., & Laela, R. N. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan dan Sikap Kedisplinan Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SD Al Ma’soem. Alsys, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.6

Mashari, A., Tohir, A., & Farhana, H. (2019). Peran Guru Dalam Mengelola Kelas. Ahsanta Jurnal Pendidikan, 5(3), 99–108. https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles