MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V DI SDN SARIMULYA 3
Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Pemahaman Siswa, Pendidikan Agama Islam, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Studi ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman murid mengenai pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penggunaan struktur belajar kooperatif Think Pair Share (TPS) pada murid kelas V di SDN Sarimulya 3. Metodologi riset yang dipilih merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua langkah. Tiap langkah meliputi mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Alat pengukur evlaluasi meliputi formulir pengamatan, wawancara, serta lembar kerja murid. Temuan riset mengindikasikan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah melakukan implementasi metode belajar secara kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap materi PAI. Perbaikan ini terlihat dari nilai persentase ketuntasan belajar pada tahap satu ialah 68,42% dan terus meningkat pada tahap dua menjadi 94,74%, serta tanggapan positif terhadap metode pengajaran yang diterapkan kepada murid. Oleh karena itu, metode pembelajaran TPS bermanfaat dalam menambah pemahaman murid terhadap PAI di SDN Sarimulya 3.
References
Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.
Dahlani, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Bunisari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 208–218. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2043
Fransiska, F., Maizora, S., & Yensy, N. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 383–393. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.383-393
Jasdilla, L., Kuswendi, U., & Ramdhani, S. (2017). Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 96–105. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9253
Leonardo, R. I. (2013). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika & IPA Universitas Indraprasta PGRI, 3(1), 5.
Maimunah, S. (2021). Efektifitas Metode Kooperatif Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di Sdn Wonokromo I Surabaya. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 97–104. https://doi.org/10.35457/konstruk.v13i1.1243
Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016
Moningka, M. J., & Sahetapy, M. (2019). Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas Vii Sd. Bio-Pedagogi, 8(2), 72. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.34827
Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Nahdatul Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 18–25.
Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3613
Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 3(3), 2176–2181. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Farras Faishal, Indriyanti Safitri, Ismaya Rosalia, Nur Aini Farida, M.Makbul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.