MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS X SMAN 1 TELUKJAMBE

Authors

  • Hanifah Nur Malasari Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nanda Agustin Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Muhammad Lutfhi Cahyadi Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Keywords:

Keefektifan, Role Playing, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan metode Role Playing dalam
meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X SMAN 1
Telukjambe. Kami melakukan penelitian dalam dua siklus, dengan satu sesi pertemuan di setiap siklusnya.
Kami menggunakan satu kelas sebagai kelompok eksperimen untuk mengimplementasikan metode bermain
peran. Kami mengumpulkan data dengan memberikan kuesioner tentang minat belajar, melakukan
wawancara, dan melakukan observasi. Temuan menunjukkan adanya peningkatan yang mencolok dalam
kecenderungan siswa untuk memperoleh pengetahuan dalam PAI ketika menggunakan teknik role playing
dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik bermain
peran dapat menjadi pendekatan yang sangat berhasil untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam
mempelajari PAI di tingkat sekolah menengah atas.

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2005). pengertian metode role playing. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.

Melinda. (2009). Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik

Time Token.

Nashar. (2014). Peranan Motivasi dan Kemampua awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia

Press.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI . kependidikan.

Ria, S. (2009). Meningkatkan Minat Membaca Anak melalui Permainan Teka-Teki Silang dengan

Gambar Binatang di TK Indah Jelita Payakumbuh. FIP UNP.

Supardi, A. d. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Andi, A. P. (2019). PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN. IDAARAH.

Yanto, A. (2015). Metode bermain peran (Role playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada

mata pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas. Bandung: UPI PRESS

Asma, N. (2006). Model pembelajaran kooperatif.

Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran

pengetahuan sosial di kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal

pendidikan dasar, 8(1), 16-17.

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles