MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS X SMAN 1 TELUKJAMBE
Keywords:
Keefektifan, Role Playing, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan metode Role Playing dalam
meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X SMAN 1
Telukjambe. Kami melakukan penelitian dalam dua siklus, dengan satu sesi pertemuan di setiap siklusnya.
Kami menggunakan satu kelas sebagai kelompok eksperimen untuk mengimplementasikan metode bermain
peran. Kami mengumpulkan data dengan memberikan kuesioner tentang minat belajar, melakukan
wawancara, dan melakukan observasi. Temuan menunjukkan adanya peningkatan yang mencolok dalam
kecenderungan siswa untuk memperoleh pengetahuan dalam PAI ketika menggunakan teknik role playing
dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik bermain
peran dapat menjadi pendekatan yang sangat berhasil untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam
mempelajari PAI di tingkat sekolah menengah atas.
References
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. B. (2005). pengertian metode role playing. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.
Melinda. (2009). Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik
Time Token.
Nashar. (2014). Peranan Motivasi dan Kemampua awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia
Press.
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI . kependidikan.
Ria, S. (2009). Meningkatkan Minat Membaca Anak melalui Permainan Teka-Teki Silang dengan
Gambar Binatang di TK Indah Jelita Payakumbuh. FIP UNP.
Supardi, A. d. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Andi, A. P. (2019). PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN. IDAARAH.
Yanto, A. (2015). Metode bermain peran (Role playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).
Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas. Bandung: UPI PRESS
Asma, N. (2006). Model pembelajaran kooperatif.
Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran
pengetahuan sosial di kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal
pendidikan dasar, 8(1), 16-17.
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanifah Nur Malasari, Nanda Agustin, Muhammad Lutfhi Cahyadi, Nur Aini Farida, M. Makbul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.