Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Model Two Stay Two Stray di Kelas VII Mts El-Nur El-Kasysyaf pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Keywords:
Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran, Two Stay Two StrayAbstract
Salah satu prinsip dasar terpenting untuk mencapai keberhasilan adalah aktivitas belajar siswa, yang mana hasil karya siswa dicapai melewati berbagai interaksi dan pengalaman belajar di kelas. Guru harus mampu mengelola situasi pembelajaran dengan menerapkan atau menggunakan strategi pengajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan model two stay two stray di kelas VII tentang mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts El–Nur El-Kasysyaf. Alat pengumpulan data menggunakan postes, lembar kerja dan observasi dengan tabel pencatatan nilai pekerjaan siswa. Hasil survei menunjukkan bahwa diperlukan 4-5 kelompok dalam metode pengajaran ini. Kemudian berbicaralah dengan kelompok nominasi lainnya. Setelah diskusi, 2 atau 3 peserta dari masing-masing kelompok berpindah ke kelompok lain untuk mendapatkan umpan balik dari masing-masing kelompok mengenai hasil diskusi. Sedangkan dua anggota yang tersisa dalam kelompoknya bertugas mengkomunikasikan hasil diskusinya kepada kelompok lain. Metode pengajaran dengan menggunakan model two stay two stay dapat meningkatkan prestasi akademik siswa kelas VII Mts El–Nur El-Kasysyaf. Ketika siswa menggunakan model pembelajaran ini, siswa tidak lagi bersikap pasif, karena setiap orang mempunyai tugasnya masing-masing. Dengan demikian, model pembelajaran ini dinilai berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa.
References
Alawiyah, A., Sukron, J., Firdaus, M. A., & Nusantara, U. I. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIMES GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 4(1), 69–82.
Arifuddin, M. (2022). e-ISSN: 2807-8632 Published by : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 1102–1112. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id
Nurutami, A. R. (2015). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( TS-TS ) pada Siswa Kelas VIIIA SMP Mataram Kasihan. Universitas PGRI Yogyakarta, 2(Keaktifan Belajar Siawa), 5–6. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/165
Putri, R. R., & Susanto, R. (2023). Upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model two stay two stray. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 111. https://doi.org/10.29210/30033106000
Ramadhan, F. E. N., & Suyanto, W. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X Tkrb Smkn 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i2.24300
Safutra, T. A. (2020). … Dengan Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi …. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK …. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/1047
Bentri, A. (2020). KONTRIBUSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Inovtech, 2(02).
Manik, K., & Gafur, A. (2016). Penerapan model Two Stay Two Stray berbantuan multimedia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 39-49.
Mi'rojah, N. Y., Suryanti, N. M. N., & Nursaptini, N. (2023). Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS 2 MA DH NW Kalijaga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 29-33.
Winnarty, S. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Jurnal Pendidikan Dan Budaya, 5(9).
Widowati, S. (2015). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). JIEM| JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA, 1(1).
Andrini, O. (2023). Penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Sustari, P. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BILLBOARD RANKING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 03 KAUR (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Borong, R. (2019). Penerapan metode two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas viii a dalam pelajaran ips (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).
Agustina, Y. R. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muidzotun Avissa, Mutia Sartika Dewi, Muhammad Dawam Anwar, Nur Aini Farida, M. Makbul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.