PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU NARASIKAN

Authors

  • SAHRODIN Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

Keywords:

kepala madrasah, manajemen pendidikan, kinerja guru, perencanaan strategis, pengorganisasian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumentasi di beberapa madrasah di wilayah [Nama Daerah]. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program peningkatan kinerja guru.

Kepala madrasah secara aktif melibatkan guru dan staf dalam proses perencanaan strategis, memastikan alokasi sumber daya yang efisien, dan membangun tim kerja yang solid. Mereka juga melaksanakan program pengembangan profesional secara rutin, memberikan motivasi dan arahan yang diperlukan, serta melakukan evaluasi kinerja guru secara sistematis. Selain itu, kepala madrasah mampu membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, termasuk guru, staf, siswa, orang tua, dan komunitas sekitar, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Keberhasilan kepala madrasah dalam menjalankan peran manajerialnya berdampak positif pada kinerja guru dan kualitas pendidikan di madrasah. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan kompetensi manajerial kepala madrasah melalui pelatihan dan pengembangan profesional. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen pendidikan di madrasah, dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi, S. & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Erawati, N. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles