Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Islam
Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah, Motivasi Kerja, Guru, Sekolah Menengah Kejuruan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran (mixed methods) dengan pendekatan eksplanatori bertahap (sequential explanatory design). Data dikumpulkan melalui survei kuantitatif menggunakan kuesioner yang diisi oleh 100 guru, serta wawancara kualitatif dengan 15 responden yang terdiri dari guru dan kepala madrasah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala madrasah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja guru. Komponen-komponen kepemimpinan transformasional, seperti pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual, secara positif memengaruhi motivasi kerja guru. Temuan kualitatif menunjukkan bahwa visi yang jelas, dukungan emosional, penghargaan atas usaha, kesempatan pengembangan profesional, dan hubungan interpersonal yang baik dengan kepala madrasah merupakan faktor-faktor yang meningkatkan motivasi kerja guru. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan kepemimpinan transformasional kepala madrasah untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis dengan memperkaya literatur tentang pengaruh kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan, M. S. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, N. (2006). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2001). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Usman, H. (2008). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulk, G. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi (Edisi Kelima). Jakarta: Indeks
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andika saputra, Ridho Alfan Suri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.