MANAJEMEN PARTISIPATIF DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM YANG UNGGUL
Keywords:
Manajemen Partisipasif, Budaya Organisasi, Pendidikan IslamAbstract
Manajemen Partisipatif dalam Membangun Budaya Organisasi Pendidikan Islam yang Unggul Pendidikan Islam dihadapkan pada tuntutan untuk membangun budaya organisasi yang unggul guna menghadapi berbagai tantangan zaman. Salah satu pendekatan yang dianggap relevan adalah manajemen partisipatif, yang mengedepankan keterlibatan berbagai pihak dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen partisipatif dalam konteks pendidikan Islam dan dampaknya terhadap budaya organisasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Partisipan penelitian meliputi guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah di sebuah lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen partisipatif dapat meningkatkan keterlibatan stakeholder, motivasi, dan kepuasan kerja, serta membentuk budaya organisasi yang positif.
Tantangan dalam penerapan manajemen partisipatif antara lain resistensi terhadap perubahan dan kurangnya pemahaman tentang konsep ini. Disarankan agar lembaga pendidikan Islam terus menerapkan prinsip-prinsip manajemen partisipatif dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada semua pihak terkait. Dengan demikian, diharapkan lembaga pendidikan Islam dapat membangun budaya organisasi yang unggul dan meningkatkan kualitas pendidikan.
References
Adnan, M. (2018). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
As'ad, M. (2015). Manajemen Partisipatif dalam Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Depdiknas. (2007). Pedoman Manajemen Partisipatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati, S. (2016). Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, M. (2014). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparlan, P. (2018). Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahid Asngari, Nur Muhammad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.