TANTANGAN DAN STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL
Keywords:
Strategi, Manajemen, Pendidikan Islam, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama dalam manajemen pendidikan Islam di era digital, strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut, serta dampak dari penerapan strategi manajemen tersebut terhadap kualitas pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi dari beberapa institusi pendidikan Islam di Indonesia yang telah berhasil mengimplementasikan strategi manajemen di era digital.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam manajemen pendidikan Islam di era digital meliputi teknologi, kurikulum, keterampilan SDM, aksesibilitas, manajemen informasi, etika, peran guru, dan ketersediaan konten. Strategi manajemen yang efektif dalam mengatasi tantangan tersebut antara lain pengembangan kurikulum berbasis teknologi, pelatihan dan pengembangan keterampilan SDM, infrastruktur teknologi yang memadai, pengelolaan informasi yang efektif, pengawasan konten dan etika, peran guru sebagai fasilitator pembelajaran, dan ketersediaan konten berkualitas.
Implementasi strategi manajemen tersebut telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan Islam, seperti peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan aksesibilitas, pengembangan keterampilan teknologi, efisiensi pengelolaan pendidikan, pengembangan model pembelajaran baru, peningkatan kualitas tenaga pendidik, dan peningkatan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka.
Dengan demikian, penerapan strategi manajemen yang tepat dalam pendidikan Islam di era digital tidak hanya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pendidikan, tetapi juga mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan dan tuntutan zaman yang terus berkembang.
Di era digital yang terus berkembang pesat seperti sekarang ini, pendidikan Islam dihadapkan pada berbagai tantangan baru yang tidak pernah ada sebelumnya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap pendidikan secara fundamental, mempengaruhi cara belajar, mengajar, dan mengelola institusi pendidikan. Manajemen pendidikan Islam yang efektif dan adaptif menjadi kunci dalam menghadapi dinamika era digital ini.
References
Azra, Azyumardi. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ibrahim, Abdullah. (2019). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Strategi. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 185-200.
Rohman, Mohammad. (2018). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyudin, Ahmad. (2020). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45-60.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2011). Educational research: Competencies for analysis and applications. Pearson Higher Ed.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Toni Wijaya, Lukman Habibul Umam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.