PERAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Literasi, Pembelajaran PAI, Metode JigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan yang mendalam untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai praktik supervisi akademik dan dampaknya terhadap kinerja guru PAI. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru PAI yang dipilih secara purposive sampling di beberapa madrasah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah memainkan peran penting dalam supervisi akademik yang mencakup pembinaan profesionalisme guru, evaluasi dan monitoring pembelajaran, serta penyediaan sumber daya dan dukungan. Supervisi akademik yang efektif berdampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan kompetensi profesional guru, serta peningkatan motivasi dan kepuasan kerja guru PAI. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan supervisi, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, kurangnya kompetensi supervisi kepala madrasah, dan resistensi dari guru PAI.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa supervisi akademik oleh kepala madrasah sangat vital dalam meningkatkan kinerja guru PAI. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi kepala madrasah dalam supervisi akademik dan mengatasi kendala yang ada. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan agama Islam di madrasah dapat terus ditingkatkan.
References
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fattah, N. (2009). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi AksaraPurwanto, N. (2010). Admini.strasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharsimi, A. (2006). Supervisi Pendidikan: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyanto, & Djihad, H. (2012). Revolusi Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iskandar Zulkarnain, Agus Kenedi, Mujiyatun, Agus Sujarwo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.