EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Ahmad Habib Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Muslihun Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Ma’rup Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Irham Abdul Haris Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

Keywords:

Efektivitas Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep agama Islam di kalangan siswa SMP Islam di Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen kontrol acak dengan pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Islam di Bandar Lampung, dengan sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Satu kelas (n=30) ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model Cooperative Learning, sedangkan kelas lain (n=30) sebagai kelompok kontrol yang meneruskan pembelajaran konvensional.

Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengukur pemahaman konsep agama Islam sebelum dan setelah penerapan model Cooperative Learning, serta observasi dan angket untuk mengamati interaksi siswa dalam kelompok saat penerapan model pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan rata-rata pemahaman konsep agama Islam antara kedua kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep agama Islam antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata skor pemahaman konsep agama Islam pada kelompok eksperimen (85,3) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (72,8). Selain itu, observasi juga menunjukkan interaksi yang lebih aktif dan kolaboratif dalam kelompok eksperimen.

Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep agama Islam di kalangan siswa SMP Islam di Bandar Lampung. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah agar sekolah-sekolah mempertimbangkan untuk menerapkan model pembelajaran ini dalam pembelajaran agama Islam guna meningkatkan pemahaman siswa.

References

Anwar, K. (2015). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi pada Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Fitriani, D. (2021). Manfaat dan Kelebihan Model Pembelajaran Cooperative Learning. Diakses dari https://www.pendidikanagamaislam.com/cooperative-learning/

Nurhayati, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Tauhid Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Surabaya (Skripsi, Universitas Negeri Surabaya).

Rohayani, A., & Sari, N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Agama Islam di SMP Negeri 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 150-165.

Suci Hartati. 2023. “PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN METODE GAME PADA RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH,” no. 07: 110–22.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Sugiyono. 2017.

Wahyuni, S., & Hidayat, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Agama Islam pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Hidayah Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Islam, 2(1), 100-110

Downloads

Published

2024-05-23

Issue

Section

Articles