PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • ISMUN ALI Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung Indonesia
  • SAIRUL BASRI Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung Indonesia
  • KHUSNUL KHOTIMAH Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung Indonesia
  • PUTRI OKTAVIA Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung Indonesia

Keywords:

kepala madrasah, kualitas pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, kepemimpinan instruksional, manajemen Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Nurul Islam Sumberjaya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan kepala madrasah, guru PAI, dan siswa sebagai informan kunci. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi tema-tema penting yang berkaitan dengan peran kepala madrasah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah berperan aktif sebagai pemimpin instruksional dengan memberikan bimbingan dan arahan kepada guru PAI melalui supervisi rutin dan pelatihan profesional. Kepala madrasah juga menunjukkan kemampuan manajerial yang baik dalam mengelola sumber daya, termasuk pengalokasian anggaran yang tepat dan pemanfaatan teknologi informasi. Selain itu, ditemukan adanya peningkatan kualitas pembelajaran PAI yang terlihat dari hasil evaluasi akademik siswa serta peningkatan partisipasi dalam kegiatan keagamaan dan penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala madrasah juga berhasil membangun budaya kolaboratif di antara para guru dan membangun hubungan yang baik dengan orang tua dan masyarakat melalui program kemitraan. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia dan resistensi terhadap perubahan, kepala madrasah mampu mengatasi hambatan tersebut melalui rekrutmen selektif, penyediaan beasiswa, dan pendekatan persuasif.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepala madrasah di Madrasah Aliyah Nurul Islam Sumberjaya memainkan peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui kepemimpinan instruksional, pengelolaan sumber daya yang efektif, dan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi pendidikan dalam mengimplementasikan strategi yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwanto, N. (2011). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. (2009). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Yusuf, S. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles