KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS IX DI MTS AMANATUL QUR’AN MOJOKERTO

Authors

  • Nafi’ul Huda Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
  • Noor Habibah Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia

Keywords:

Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Keterampilan membaca bahasa arab merupakan salahsatu keterampilan yang harus dikuasai oleh para siswa terkhusus didalam pembelajaran bahasa arab maka dari itu peneliti mengangkat kasus melalui skripsi dengan judul Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Quran Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas IX Di MTs Amanatul Qur'an Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui   (1) bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an, (2) bagaimana kemampuan membaca bahasa arab (3) bagaimana Korelasi  antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan keterampilan  membaca bahasa arab siswa kelas IX di MTs Amanatul Qur’an Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional, dengan pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara. Sementara teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan persamaan regresi linier sederhana dan uji t untuk mendapatkan nilai yang signifikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai kemampuan menghafal Al-Qur’an diperoleh nilai 68,86 dengan nilai yang diatas rata –rata sebanyak 15 Siswa atau 68,1 % dibuktikan dengan uji tes kemampuan menghafal Al-Quran dari 22 siswa kelas IX dan nilai membaca bahasa arab diperoleh  nilai 78,63 dengan nilai diatas rata-rata sebanyak 13 siswa atau 59,02% dibuktikan dengan uji tes keterampilan bahasa arab dari 22 siswa kelas IX di Mts Amanatu Qur’an Mojokerto. Terdapat Korelasi  kemampuan menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa diperoleh nilai korelasi dengan dibuktikan dengan pengujian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai korelasi  nr > rtabel 0,559 > 0,423 dengan signifikansi 5%. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai Y = 0,008 + 1,142X dan nilai uji t = nilai thitung > ttabel  atau 177,378 > 0,686954 sehingga dapat disimpulkan bahawa valiabel kemampuan menghafal Al-Qur’an (X) berpengaruh terhadap Variabel keterampilan membaca (Y). dengan demikian dapat disimpilkan bahwa korelasi kemampuan menghafal Al-Qur’an memiliki korelasi yang cukup baik dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa arab siswa kelas IX di MTs Amanatul Qur’an Mojokerto

References

الدكتور عبد بن علي الحاج لتيسير القرآن الكريم بالسن سيدنا محمد صل الله عليه و سلم , مجلة الأحمدة (حجم 15) رمضان 1422, 222

رشدى احمد طُعَيْمة, المرج في التعليم اللغة العربية الناطقين بلغة اخرى, (مكة: جمية أم القرى), 538 – 539.

عبد العليم ابراهم, الموجة الفنني للمدرس اللغة العربية (مصر: دار المعارف ), 59-60

Ahmadi, Aulia Mustika Ilmiani. 2020. Metodolog Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. Yoyakarta: Ruas Media.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

DA Armis Dolly, Dodi. 1992. Kata Populer Kamus Bahasa Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu.

Hamid, H.M Abdul. 2010 Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press

Hamid, M. Abdul. 2013. Mengukur kemampuan bahasa arab: Untuk mempelajari Islam. Malang : UIN-Malik Press.

Hanifah, Asma. 2018. Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Keterampilam Membaca Cepat Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPIT Bina Amal Semarang,Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Hodgson, 1960. Learning Modern Language. London: Raoutledge & Hegan Paul

https://kbbi.web.id diakses tanggal 28 November 2022

Izzan, Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Izzan, Ahmad. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Bandung: Humaniora.

Izzan, Ahmad. Handri Fajar Agustin. 2020 Metode 4M Tahfidz Al-Qur’an Disabilitas Netra. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati.

Jos, Daniel. 1994. Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga.

Latifaturrohmah, Umi. 2018. Korelasi Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Mi Al Ma’arif Karangsari Tanggamus, UIN Raden Intan Lampung.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mehta, Cyrus R, Nitin R. Patel. 2015. IBM SPSS Exact Test. Cambridge: Cytel Sofware Corporation and Harvard School of Public Health.

Munir, Misbahul. 2013. Ilmu Dan Seni Qira’atil Qur’an, Pedoman Bagi Qari-Qari‟Ah Hafidhhafidhoh Dan Hakim Dalam MTQ. Semarang:Binawan.

Novalia, Muhammad Syazalu. 2014. Statistika Inferensial Untuk Ilmu Sosial Dan Pendidikan. Lampung: Aura Publishing.

Novrianty Batalipu, Nur Rizka. 2019. Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Ftik Iain Palu , IAIN Palu.

Oensyar, Kamil Ramma. Ahmad Hifni. 2015. Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Oka, Gusti Ngorah. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasion.

Pandu Setiawan, Ahmad. 2018. Implementasi Strategi Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan, Juornal. STIT Raden Wijaya Mojokerto.

Robbani, A. Syahid. 2019. Keterkaitan Antar Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Kemampuan Qira’ah Mehasiswa (Studi Deskriptif Pada Mehasiswa Semesteri 1 Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sa’dulloh, S,Q. 2008 Cara Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Sedarmayanti, Syarifudin Hidayat. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Shihab, M. Quraish. 2006. Menyingkap Tabir Ilahi Al-Asma al-Husna Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Siswanto, Suyanto. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif Korelasional. Klaten: Bosscript

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru AlGesido.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualikatif, (R&D). Bandung,: Alfabeta.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualikatif, (R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, Endah, dkk. 2017. Pengaruh Menghafal Al Qur'an Juz 29 Terhadap Penguasaan Kosakata Dan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas X. Semarang: lisanul Arab.

Suryani, Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Sutikno, M. Subri. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prosfect.

Yulianti, Lilis. 2018. Korelasi Antara Kemampuan Berbahasa Arab Dengan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas Viii Mts Nurul Qodiri Tiga Gayau Sakti Lampung Tengah, UIN Raden Intan Lampung.

Yunus, Muhammad. 2015. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah.

Downloads

Published

2024-05-21

Issue

Section

Articles