Peran Multikulturalisme Dalam Paradigma Pendidikan Islam

Authors

  • Nur Hidayati Universitas Jambi, Indonesia
  • Septia Windari Universitas Jambi, Indonesia

Keywords:

Peran Multikulturalisme, dan Pendidikan Islam.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian buku dan ulasan literatur, serta jurnal nasional dan internasional. Data sekunder dikumpulkan dari buku, jurnal, dan artikel online relevan. Analisis deskriptif digunakan untuk mencapai kesimpulan tentang subjek penelitian dan kondisi saat ini. Literatur yang digunakan terkait dengan cara pemerintah mengatur pendidikan di Indonesia. Pendidikan Islam bertujuan membina insan kamil, menangani keanekaragaman, dan meningkatkan kesadaran akan multikulturalisme. Pendidikan multikultural dianggap penting dalam mempersiapkan individu untuk hidup damai dan adil dalam masyarakat plural. Muslim diharapkan menjadi agen toleransi antarbudaya. Para ahli pendidikan Islam memiliki pandangan berbeda tentang dasar pendidikan Islam, dengan istilah utama Tarbiyah, Ta'dib, dan Ta'lim. Tujuan pendidikan Islam adalah memperbaiki manusia melalui pengembangan, perawatan, pengaturan, pendidikan, dan pengajaran.

References

Baidhaw, Zakiyuddin. (2005). pendidikan agama berwawasan multikultural. jakarta: Airlangga.

Getteng, A. R. (1999). Pendidikan Islam dalam Pembangunan. Makassar: Berkah.

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan multikultural: pengertian, prinsip, dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Addin, 7(1).

Lestari, A. &. Handoko ,Y. (2024). Digitalisasi Bahan Ajar Untuk Membangun Pemahaman Agama Islam Yang Moderat. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan , 8 (1), 17-29.

Maksum, A. ( 2011). Pliuralisme dan multikuturalisme paradisma baru pendidikan Islam indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.

Natalia, A. ( 2017). Faktor-faktor penyebab radikalisme dalam beragama (kajian sosiologi terhadap pluralisme agama di Indonesia). Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 11(1), 36-56.

Nizar, Samsul. (2002). Filsafat pendidikan islam. Jakarta:Ciputat Pers.

Suparlan, p. (2002). “Menuju Masyarakat Indonesia yang multikultural," makalah. Disampaikan pada simposium internasional bali ke-3. Jurnal Antropologi Indonesia. Denpasar Bali , hlm.1.

Suradi, A. (2018). penanaman religiusitas keislaman berorientasi pada pendidikan multikultural disekolah. jurnal pendidikan agama Islam vol.6.

Susanto, E. ( 2006). Pendidikan Agama Berbasis Multikultural (Upaya Strategis Menghindari Radikalisme). KARSA, IX(1).

Tilaar, H. A. (2004). Multikulturalisme, Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Wekke, I. S. (2015). Tradisi Pesantren dalam Konstruksi Kurikulum Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Minoritas Muslim Papua Barat. KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman, 22(1).

Downloads

Published

2024-05-19

Issue

Section

Articles