PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN KE NU AN DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF 06 SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
Keywords:
Karakter, Kurikulum, Aswajah.Abstract
Pengembangan kurikulum menjadi hal yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan terlebih lagi kaitannya dengan pengembangan kurikulum dalam upaya pembentukan karakter siswa yang menghargai sesamanya meskipun memiliki paham yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum muatan lokal keagamaan aswaja dalam membentuk karakter, kendala dan faktor pendukung yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis field research. Sumber datanya adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru muatan lokal aswaja. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini pertama, Implementasi kurikulum mulok keagamaan aswaja dalam upaya pembentukan karakter siswa berbasis kecerdasan moral di MA Nurul Islam Kriyan pembelajaran Aswaja tidak mengacu pada teori saja, tetapi juga melalui penerapan pembiasan-pembiasaan di madrasah, hal tersebut sebagai upaya sadar dan kontinu dalam mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai dasar Aswaja pada siswa. kedua, kendala yang dihadapi adalah Ketersediaan buku pelajaran yang masih terbatas, Sarana dan prasarana yang kurang memadai, keterbatasan waktu guru mengajar, dan minat siswa masih kurang. Ketiga, faktor pendukung ada pada guru dan budaya madrasah yang bernuansa aswaja.
References
Ahmad Sukri Harahap, Nurul Hafizhoh, A. & D. U. (2019). Pembelajaran Pai Berbasis Daring (Studi Tentang Inovasi Pendidikan Dalam Mengelola Media Pembelajaran Di SMP Baitul Aziz Tembung). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 82– 97.
Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El- Islam, 1, 48–58.
Aqib, Z. (2012). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yrama Widya.
Aris, S. (2019). Wawancara.
Transkrip Hamdan Adib.
Bukhori, I. (2018). Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam mata pelajaran Aswaja dan ke- NU-an siswa SMP/MTs. At- Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 4(1),
–56.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.
Islam, M. N. (2019). Observasi.
Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Remaja Rosdakarya.
Muslim, M. (2021). Pertumbuhan Insititusi Pendidikan Awal Di Indonesia: Pesantren, Surau Dan Dayah. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 2(1), 19–37.
Nasir, M. (2013). Pengembangan kurikulum muatan lokal dalam konteks pendidikan islam di madrasah. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 1–18.
Omer, N. (2005). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.
Prabowo, H. (2019). Pentingnya Peranan Kurikulum Yang Sesuai Dalam Pendidikan. 1–10. file:///E:/File Ridho/File Kuliah/File Semester 6/Kajian Kurikulum/Artikel Peranan Kurikulum.pdf
Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57.
https://doi.org/10.26877/jo.v 4i2.4005
Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal pendidikan karakter, 10(1), 1–18.
Sitorus, S., Andriadi, D., Juwita, S., & Nasution, W. D. (2020). Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas Vii C Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Pab 1 Helvetia. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 1(2), 36–54.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Taher, A. (2014). Pendidikan Moral Dan Karakter: Sebuah Panduan. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 14(2), 545–558.
Wahyudin, D. (2017). Pendidikan Aswaja sebagai upaya menangkal radikalisme. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 291–314.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salim Harianto, A. Muslimin, Siti Roudhotul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.