NILAI- NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PEMBINAAN SHOLAT BERJAMA’AH TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMAN 01 NEGERIKATON PESAWARAN LAMPUNG
Keywords:
Pendidikan, Akhlak, SholatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang diperoleh siswa melalui pembinaan sholat berjama'ah dan dampaknya terhadap karakter siswa di SMAN 01 Negerikaton Pesawaran Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan sholat berjama'ah di sekolah mampu menghasilkan nilai-nilai pendidikan akhlak seperti kedisiplinan, kebersamaan, tanggung jawab, dan rasa hormat. Melalui pelaksanaan sholat berjama'ah, siswa belajar untuk disiplin dalam menjalankan ibadah, bekerjasama dengan sesama dalam beribadah, bertanggung jawab atas waktu dan tugas-tugasnya, serta menghormati hak-hak sesama manusia. Dampak positif dari pembinaan sholat berjama'ah terhadap karakter siswa meliputi peningkatan kesadaran spiritual, pemahaman tentang nilai-nilai keagamaan, dan peningkatan kualitas hubungan antarpribadi. Kesimpulannya, pembinaan sholat berjama'ah di SMAN 01 Negerikaton Pesawaran Lampung memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa dengan memperkuat nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk melihat dampak jangka panjang dari pembinaan sholat berjama'ah terhadap perkembangan karakter siswa serta melibatkan lebih banyak responden dari berbagai latar belakang untuk memperluas generalisasi temuan.
References
A. Munir, Dasar- dasar Agama Islam,Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013
Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahab Sayyed Hawwas, Fiqh Ibadah Thaharah, Shat, Zakat, Puasa, dan Haji, Jakarta: Amzah, 2010
Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani, 2002
Abdurrahman Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi,
Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010
Ali Abdul Him Mahmud, Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Insani Press, 2004 AN. Ubaedy, Quantum Tahajud, Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu, 2007 Asep Nurhim, Buku Lengkap Panduan Shalat, Jakarta: Belanoor, 2010 Asmaran, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Grafindo Persada, 1994
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D, Bandung: Alfabeta, 2012
Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2012Sukandarrumidi, Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula,
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2004
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidika: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anjar Wiranto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.