NILAI- NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PEMBINAAN SHOLAT BERJAMA’AH TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMAN 01 NEGERIKATON PESAWARAN LAMPUNG

Authors

  • Anjar Wiranto Universitas Ma'arif Lampung
  • Habib Sulton Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Siti Roudhotul Jannah Universitas Ma’arif Metro Lampung, Indonesia

Keywords:

Pendidikan, Akhlak, Sholat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang diperoleh siswa melalui pembinaan sholat berjama'ah dan dampaknya terhadap karakter siswa di SMAN 01 Negerikaton Pesawaran Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan sholat berjama'ah di sekolah mampu menghasilkan nilai-nilai pendidikan akhlak seperti kedisiplinan, kebersamaan, tanggung jawab, dan rasa hormat. Melalui pelaksanaan sholat berjama'ah, siswa belajar untuk disiplin dalam menjalankan ibadah, bekerjasama dengan sesama dalam beribadah, bertanggung jawab atas waktu dan tugas-tugasnya, serta menghormati hak-hak sesama manusia. Dampak positif dari pembinaan sholat berjama'ah terhadap karakter siswa meliputi peningkatan kesadaran spiritual, pemahaman tentang nilai-nilai keagamaan, dan peningkatan kualitas hubungan antarpribadi. Kesimpulannya, pembinaan sholat berjama'ah di SMAN 01 Negerikaton Pesawaran Lampung memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa dengan memperkuat nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk melihat dampak jangka panjang dari pembinaan sholat berjama'ah terhadap perkembangan karakter siswa serta melibatkan lebih banyak responden dari berbagai latar belakang untuk memperluas generalisasi temuan.

References

A. Munir, Dasar- dasar Agama Islam,Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013

Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahab Sayyed Hawwas, Fiqh Ibadah Thaharah, Shat, Zakat, Puasa, dan Haji, Jakarta: Amzah, 2010

Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani, 2002

Abdurrahman Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi,

Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010

Ali Abdul Him Mahmud, Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Insani Press, 2004 AN. Ubaedy, Quantum Tahajud, Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu, 2007 Asep Nurhim, Buku Lengkap Panduan Shalat, Jakarta: Belanoor, 2010 Asmaran, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Grafindo Persada, 1994

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D, Bandung: Alfabeta, 2012

Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2012Sukandarrumidi, Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula,

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2004

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidika: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006

Downloads

Published

2024-09-11

Issue

Section

Articles