URGENSI KESADARAN BERAGAMA DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA DI MEDIA SOSIAL
Keywords:
kesadaran beragama, media sosial, problematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi kesadaran beragama dalam mengatasi problematika di media sosial. Penggunaan media sosial sebagai imbas kemajuan teknologi tak terlepas dari maraknya problematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran beragama berperan penting dalam mengatasi problematika di media sosial dilihat dari dua aspek: pertama, faktor pendukung terbentuknya kesadaran beragama di media sosial antara lain meliputi pola asuh orang tua, peran guru, dan kurikulum. Kedua, fungsi kesadaran beragama di media sosial terdiri dari fungsi umum dan fungsi khusus.
References
Abdurrahman, Abdurrahman. “Kesadaran Beragama Pada Anak.” Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1, no. 1 (9 November 2019): 56–68. https://doi.org/10.24952/bki.v1i1.1757.
Agianto, Rifqi, Anggi Setiawati, dan Ricky Firmansyah. “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Dan Etika Remaja.” Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) 7, no. 2 (22 Desember 2020): 130–39. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.461.
Aksin, Nur. “PANDANGAN ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL.” Jurnal Informatika Upgris 2, no. 2 (30 Desember 2016). https://doi.org/10.26877/jiu.v2i2.1262.
Al-Ayyubi, M. Zia. “ETIKA BERMEDIA SOSIAL DALAM MENYIKAPI PEMBERITAAN BOHONG (HOAX) PERSPEKTIF HADIS.” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 19, no. 2 (13 Oktober 2019): 148. https://doi.org/10.14421/qh.2018.1902-02.
Anwar, Fahmi. “Perubahan dan Permasalahan Media Sosial.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 1, no. 1 (10 Mei 2017): 137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343.
Ayu Tipa Uswatun, Citra Putri Wijayanti, dan Melinda Puspitasari. “Krisis Kesantunan Berbahasa di Media Sosial Instagram Sebabkan Fenomena Cyberbullying.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Sastra, Pedagogik, dan Bahasa (Saga). Universitas Ahmad Dahlan, 2019. http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/view/3306/702.
Budiman, Haris. “Kesadaran Beragama Pada Remaja Islam.” Al-Tadzkiyyah 6, no. 1 (2015): 16–26.
Daradjat, Zakiah. Pendidikan agama dalam pembinaan mental. Bulan Bintang, 1975.
Dewi, Maya Sandra Rosita. “ISLAM DAN ETIKA BERMEDIA (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam ).” RESEARCH FAIR UNISRI 3, no. 1 (11 Januari 2019). https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2574.
Ibdalsyah, Ibdalsyah, Muhyani Muhyani, dan Deni Zaini Mukhlis. “MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESADARAN BERAGAMA SEBAGAI AKIBAT DARI POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN GURU DI SEKOLAH.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 02 (29 Agustus 2019): 397–416. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.538.
Jaenal Abidin dan Ilham Fahmi. “MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DAN SOLUSINYA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 2, no. 2 (2019).
Maksum, Khanif. “Konsep Dasar Pembinaan Kesadaran Beragama Dalam Dunia Pendidikan Anak.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 3, no. 1 (10 Maret 2016): 31–42. https://doi.org/10.21927/literasi.2012.3(1).31-42.
Muawanah, Lutfi. “ETIKA KOMUNIKASI NETIZEN DI INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi 5, no. 2 (9 Desember 2021): 129. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3302.
Novita Nur ’Inayah. “Penguatan Etika Digital Melalui Materi ‘Adab Menggunakan Media Sosial’ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0.” Journal of Education and Learning Sciences 3, no. 1 (31 Maret 2023): 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45.
Nurasih, Wiji, Mhd. Rasidin, dan Doli Witro. “ISLAM DAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL BAGI GENERASI MILENIAL: TELAAH SURAT AL-’ASR.” Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi 16, no. 1 (9 Juli 2020): 149. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol16.Iss1.194.
Nursyam, Nursyam. “PERANAN PEREMPUAN DALAM MEMBINA KESADARAN BERAGAMA ANAK.” Musawa: Journal for Gender Studies 10, no. 1 (20 April 2019): 83–104. https://doi.org/10.24239/msw.v10i1.388.
Parhan, Muhamad, Jenuri Jenuri, dan Mohammad Rindu Fajar Islamy. “Media Sosial dan Fenomena Hoax: Tinjauan Islam dalam Etika Bekomunikas.” Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi 5, no. 1 (26 Juni 2021): 59–80. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12887.
Riswanto, Dody, dan Rahmiwati Marsinun. “Perilaku Cyberbullying Remaja Di Media Sosial.” Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA 12, no. 2 (30 Desember 2020): 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704.
Sari, Indah, dan Eka Zuliana. “BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERAGAMA REMAJA DI DESA KRAMAT GAJAH KECAMATAN GALANG.” Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (1 April 2022): 01–06.
Setiadi, Hari, dan Muhyani Muhyani. “PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM KESADARAN BERAGAMA DAN PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (8 Juli 2020): 17–26. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6310.
Wibowo, Adi. “PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TREND MEDIA DAKWAH PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL.” JURNAL ISLAM NUSANTARA 3, no. 2 (10 Desember 2019): 339–56. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v3i2.141.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shopiah Syafaatunnisa, Maslani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.