SISTEM EVALUASI SUMATIF MATA PELAJARAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR PK

Authors

  • Arum Fadhilah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Faza Sukma Aulia Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Quisha Noor Maulida Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Nurul Latifatul Inayati Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

Keywords:

evaluasi sumatif, pembelajaran, , peserta didik

Abstract

Evaluasi pembelajaran adalah hal yang pasti dilakukan lembaga pendidikan untuk mengukur kemampuan peserta didik selama waktu yang telah ditentukan. Demikian pula yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK terkhusus dalam mata pelajaran ISMUBA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem evaluasi sumatif pada mata pelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data primer dengan wawancara oleh staf waka kurikulum dan data sekunder menggunakan jurnal-jurnal yang mendukung topik penelitian. Menurut hasil dari wawancara dan pembahasan pada penelitian ini mendapatkan hasil evaluasi sumatif di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK dibagi menjadi dua, untuk kelas 7 dan 8 dinamakan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASATER), sedangkan kelas 9 dinamakan Penilaian Akhir Semester (PAS). Evaluasi di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK sudah berbasis CBT (Computer Based Test), terdapat pilihan ganda dan uraian. Penilaian pilihan ganda otomatis di sistem sedangkan untuk uraian masih manual. Kendala yang dihadapi seputar pada jaringan ketika tes berlangsung dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda dalam memenuhi persyaratan untuk mengikuti evaluasi sumatif

References

Aly, A., & Inayati, N. L. (2019). Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI). Muhammadiyah University Press.

Inayati, N. L., Rohmani, A. F., & Ningrum, A. P. (2022). POLA EVALUASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 6(1), 121–138. https://doi.org/10.23917/iseedu.v6i1.20543

Farizal Fetrianto. (2017). Penerapan Formative Summative Evaluation Model dalam Penelitian Tindakan. Graduate School Conference, Universitas Negeri Malang, 394–407.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Penerbit Deepublish .

Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3 (1), 39–52. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Fatoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Downloads

Published

2024-01-12

Issue

Section

Articles