SISTEM EVALUASI SUMATIF MATA PELAJARAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR PK
Keywords:
evaluasi sumatif, pembelajaran, , peserta didikAbstract
Evaluasi pembelajaran adalah hal yang pasti dilakukan lembaga pendidikan untuk mengukur kemampuan peserta didik selama waktu yang telah ditentukan. Demikian pula yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK terkhusus dalam mata pelajaran ISMUBA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem evaluasi sumatif pada mata pelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data primer dengan wawancara oleh staf waka kurikulum dan data sekunder menggunakan jurnal-jurnal yang mendukung topik penelitian. Menurut hasil dari wawancara dan pembahasan pada penelitian ini mendapatkan hasil evaluasi sumatif di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK dibagi menjadi dua, untuk kelas 7 dan 8 dinamakan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASATER), sedangkan kelas 9 dinamakan Penilaian Akhir Semester (PAS). Evaluasi di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK sudah berbasis CBT (Computer Based Test), terdapat pilihan ganda dan uraian. Penilaian pilihan ganda otomatis di sistem sedangkan untuk uraian masih manual. Kendala yang dihadapi seputar pada jaringan ketika tes berlangsung dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda dalam memenuhi persyaratan untuk mengikuti evaluasi sumatif
References
Aly, A., & Inayati, N. L. (2019). Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI). Muhammadiyah University Press.
Inayati, N. L., Rohmani, A. F., & Ningrum, A. P. (2022). POLA EVALUASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 6(1), 121–138. https://doi.org/10.23917/iseedu.v6i1.20543
Farizal Fetrianto. (2017). Penerapan Formative Summative Evaluation Model dalam Penelitian Tindakan. Graduate School Conference, Universitas Negeri Malang, 394–407.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Penerbit Deepublish .
Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3 (1), 39–52. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Fatoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arum Fadhilah, Faza Sukma Aulia, Quisha Noor Maulida, Nurul Latifatul Inayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





