Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Belajar di SMK Muhammadiyah 1 Metro
Keywords:
Bimbingan Konseling, Peserta didik, Tanggung jawab belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran yang dimainkan oleh guru bimbingan konseling dalam mengembangkan karakter tanggung jawab belajar di SMK Muhammadiyah 1 Metro. Karakter tanggung jawab belajar merupakan aspek penting dalam membentuk sikap siswa yang berorientasi pada belajar, kemandirian, dan konsistensi dalam menyelesaikan tugas akademik. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam studi ini, melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap guru bimbingan konseling, siswa, serta staf pendidikan lainnya di sekolah. Hasil penelitian menyoroti peran utama guru bimbingan konseling dalam memberikan bimbingan, motivasi, dan dukungan kepada siswa dalam memahami arti pentingnya tanggung jawab belajar. Mereka juga berperan dalam mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi siswa dalam membangun karakter tanggung jawab belajar serta memberikan strategi untuk mengatasinya. Selain itu, guru bimbingan konseling bekerja sama dengan staf pendidikan lainnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memfasilitasi perkembangan karakter tanggung jawab belajar. Peran guru bimbingan konseling di SMK Muhammadiyah 1 Metro sangat signifikan dalam membantu siswa memahami, menginternalisasi, dan menerapkan nilai tanggung jawab belajar dalam kehidupan akademik mereka.
References
Amala, Adimas Khoirul, dan Honest Ummi Kaltsum. “Peran Guru Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (20 Oktober 2021): 5213–20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579.
Evi, Tika. “Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (8 April 2020): 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.589.
Haris, Abdul Haris. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2017): 64–82.
Muchtar, Dahlan, dan Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (5 Oktober 2019): 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.
Muhammad Rijal Fadli. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21 (2021): 33–54.
Oktaviani, Selfi Nur, dan Syawaluddin Syawaluddin. “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menguatkan Karakter Siswa.” Educativo: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (21 Januari 2023): 115–19. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.120.
Ottu, Erna Alinda Hendrika, dan Reni Triposa. “Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Membentuk Karakter Siswa Kristen.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (10 Juni 2021): 219–41. https://doi.org/10.55097/sabda.v2i1.21.
“Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMA Negeri 43 Jakarta | Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia.” Diakses 2 Desember 2023. https://journal.actual-insight.com/index.php/pelita/article/view/109.
Putry, Raihan. “Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 4, no. 1 (25 Februari 2019): 39–54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.
Safa;, Akhmad Muhaimin Azzet; Aziz. Bimbingan dan konseling di sekolah /Akhmad Muhaimin Azzet. Ar-Ruzz Media, 2012. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11997&keywords=.
SEPTIANI, Admin. “PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG.” Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022. http://repository.radenintan.ac.id/21492/.
Siagian, Muhammad Ravi, dan Khairuddin Tambusai. “Srategi Guru Bimbingan Dan Konseling Menumbuhkan Karakter Jujur Dan Bertanggung Jawab Pada Siswa.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (30 Juni 2023): 151–61. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.385.
Silvia, Anis Azmiatu, dan Shinta Purwaningrum. “STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANGUN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 3 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 7, no. 01 (24 Desember 2022): 31–34. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4365.
Subianto, Jito. “PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (26 September 2013). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.
Suroso, Ayu Santika, dan Mohammad Salehudin. “Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter Siswa.” Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 7, no. 1 (1 April 2021): 44–55. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.165.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dedah Hidayanti, Nisa Nur Azizah, Ghulam Murtadlo M.Pd. I

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.