PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL Di SMP NEGERI 3 MAPATTUNGGUL

Authors

  • Nurlaila Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

Keywords:

Peran, guru pendidikan agama islam, media sosial

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan agar dapat mengetahui peran guru PAI dalam mengantisipasi penyalahgunaan media sosial di SMP Negeri 3 Mapattunggul. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengajar dan pendidik dalam mengantisipasi penyalahgunaan media sosial di SMP Negeri 3 Mapattunggul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa Peranan guru agama Islam dikalangan peserta didik saat ini sangat dibutuhkan. Peranan guru pendidikan agama islam tidak hanya sekedar memberikan bekal ilmu pengetahuan tentang ajaran islam. Namun, guru dituntut pula untuk membina kepribadian serta akhlak peserta didik agar dapat mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam tersebut dalam kehidupan sehari-hariiagar dapat menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT .

References

Bayinah, S. T. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Siswa.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 5 (2022): 125–30.

Ibdalsyah, Ibdalsyah, Muhyani Muhyani, and Deni Zaini Mukhlis. “Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama Sebagai Akibat Dari Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 02 (2019): 397–416.

KARIMAH, ATIKAH NUR, and Qodim Ma’shum. “PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGHADAPI DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BOYOLALI Bayinah, S. T. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Siswa.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 5 (2022): 125–30.

Ibdalsyah, Ibdalsyah, Muhyani Muhyani, and Deni Zaini Mukhlis. “Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama Sebagai Akibat Dari Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 02 (2019): 397–416.

KARIMAH, ATIKAH NUR, and Qodim Ma’shum. “PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGHADAPI DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023.” PhD Thesis, UIN Surakarta, 2023. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/7731/1/SKRIPSI_Atikah%20Nur%20Karimah%20%28193111130%29.pdf.

Nudin, Burhan. “Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja Di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 11, no. 1 (2020): 63–74.

Patria, Cinca. “Upaya Guru PAI Dalam Menanggulangi Dampak Negatif Jejaring Sosial Facebook Terhadap Akhlak Siswi Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.” Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/76314.

Tafonao, Talizaro. “Peran Guru Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digital.” Journal BIJAK Basileia Indonesian Journal of Kadesi 2, no. 1 (2018): 1–37.

YANI, ILMI. “PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI PENGARUH NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU.” PhD Thesis, IAIN BENGKULU, 2020. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5491/.

Downloads

Published

2023-11-28

Issue

Section

Articles