EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus Siswa Kelas X-XI SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor)
Keywords:
Metode Qiroati, Pemahaman, Ilmu Tajwid, Membaca Al -Qur’anAbstract
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana metode qiroati pembelajaran Ilmu Tajwid di SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor dalam pemahaman siswa terhadap kemampuan membaca al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat pada Sekolah Menengah Kejuruan Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor. Jenis data dalam yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada populasi dan sample dengan objek data/penelitian siswa/i SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1) Responden, yaitu siswa kelas X dan XI sejumlah 48 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian. 2) Informan, yaitu pihak-pihak yang dapat memberikan informasi mengenai masalah yang sedang diteliti, seperti guru bidang studi al-Qur’an, kepala sekolah dan staf tata usaha. Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan angket, tes lisan, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan cara deskriptif kualitatif. Kemudian dalam mengambil kesimpulan penulis menggunakan teknik Induktif, yaitu menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus ke hal-hal yang umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siswa SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogorcukup mampu membaca al-Qur’an dengan menggunakan tajwid hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya; 1) Kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran al-Qur’an dengan baik, meskipun mereka sebagian besar berlatar belakang pendidikan SMP. 2) Kemampuan serta keahlian guru cukup mendukung. 3) Sarana dan fasilitas belajar cukup menunjang. 4. Lingkungan keluarga dan masyarakat yang cukup mendukung
References
A. Soenarjo, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, bab Sejarah Al-Qur’an, Jakarta: yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsir Al-Qur‟an,1971
Burhan, Diktat Pengantar Ilmu Pendidikan, Banjarmasin: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari
Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan dan Konseling, Bandung: Bina Aksara, 1988
Ibnu Hajar al-Asqalani, Bulughul Maram, Terjemah: A. Hasan, Bandung : CV. Diponegoro, 1986
Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An Nawawy, Riyadhus Shalihin II, Terjemah: Salim Bahreisy , Bandung : PT. Al Ma’arif, 1983
Imam Jalaluddin Al Mahally, Imam Jalaluddin As Sayuthi, Tafsir Jalalain 4, Terjemah: BahrunAbu Bakar Bandung : Sinar Baru, 1990
Kahar Mahsyur, Pokok-Pokok Ulumul Qur’an, bab Ilumu Al-Qur’an, Jakarta: PT Reneka Cipta, 1992
lwi Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2001
M. Humaidi, Pelajaran Tajwid, Jakarta: Wangsamerta, 2003
M. Ngalim Purwanto, Mp, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1986
M. Syafi‟I Ahmad dkk, Pedoman Pengajian Al-Qur’an Qur’an Bagi Anak, Departeman Agama RI, Jakarta: 1984
M. Syafi‟I Hadzami, 100 Masalah Agama, Jilid I. Kudus: Menara Kudus
Rosihan Anwar, Ulumul Qur’an, Bab Asbab-an-Nuzul(Alasan Pewahyuan), Bandung
Teungku Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy, Sejarah Dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Bab Sifat-Sifat Al-Qur’an, Semarang: PT Pustaka Rezki Putra, 1999
Zaenuddin Ahmad Azzubaidi, Hadits Shahih Bukhari, Terjemah: Muhammad Zuhri Semarang: CV Toha Putera, 1986
Zakiah Daradjat,dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1981
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anita, Yudi Surono, Alex Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





