EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus Siswa Kelas X-XI SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor)

Authors

  • Anita STAI IBNU RUSYD, Kotabumi, Lampung, Indonesia
  • Yudi Surono STAI IBNU RUSYD, Kotabumi, Lampung, Indonesia
  • Alek Maulana STIT SIROJUL FALAH Bogor, Indonesia

Keywords:

Metode Qiroati, Pemahaman, Ilmu Tajwid, Membaca Al -Qur’an

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana metode qiroati pembelajaran Ilmu Tajwid di SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor dalam pemahaman siswa terhadap kemampuan membaca al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat pada Sekolah Menengah Kejuruan Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor. Jenis data dalam yang digunakan dalam  penelitian ini didasarkan pada populasi dan sample dengan objek data/penelitian siswa/i SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1) Responden, yaitu siswa kelas X dan XI  sejumlah 48 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian. 2) Informan, yaitu pihak-pihak yang dapat memberikan informasi mengenai masalah yang sedang diteliti, seperti guru bidang studi al-Qur’an, kepala sekolah dan staf tata usaha. Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan angket, tes lisan, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan cara deskriptif kualitatif. Kemudian dalam mengambil kesimpulan penulis menggunakan teknik Induktif, yaitu menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus ke hal-hal yang umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siswa SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogorcukup mampu membaca al-Qur’an dengan menggunakan tajwid hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya; 1) Kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran al-Qur’an dengan baik, meskipun mereka sebagian besar berlatar belakang pendidikan SMP. 2) Kemampuan serta keahlian guru cukup mendukung. 3) Sarana dan fasilitas belajar cukup menunjang. 4. Lingkungan keluarga dan masyarakat yang cukup mendukung

References

A. Soenarjo, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, bab Sejarah Al-Qur’an, Jakarta: yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsir Al-Qur‟an,1971

Burhan, Diktat Pengantar Ilmu Pendidikan, Banjarmasin: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari

Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan dan Konseling, Bandung: Bina Aksara, 1988

Ibnu Hajar al-Asqalani, Bulughul Maram, Terjemah: A. Hasan, Bandung : CV. Diponegoro, 1986

Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An Nawawy, Riyadhus Shalihin II, Terjemah: Salim Bahreisy , Bandung : PT. Al Ma’arif, 1983

Imam Jalaluddin Al Mahally, Imam Jalaluddin As Sayuthi, Tafsir Jalalain 4, Terjemah: BahrunAbu Bakar Bandung : Sinar Baru, 1990

Kahar Mahsyur, Pokok-Pokok Ulumul Qur’an, bab Ilumu Al-Qur’an, Jakarta: PT Reneka Cipta, 1992

lwi Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2001

M. Humaidi, Pelajaran Tajwid, Jakarta: Wangsamerta, 2003

M. Ngalim Purwanto, Mp, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1986

M. Syafi‟I Ahmad dkk, Pedoman Pengajian Al-Qur’an Qur’an Bagi Anak, Departeman Agama RI, Jakarta: 1984

M. Syafi‟I Hadzami, 100 Masalah Agama, Jilid I. Kudus: Menara Kudus

Rosihan Anwar, Ulumul Qur’an, Bab Asbab-an-Nuzul(Alasan Pewahyuan), Bandung

Teungku Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy, Sejarah Dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Bab Sifat-Sifat Al-Qur’an, Semarang: PT Pustaka Rezki Putra, 1999

Zaenuddin Ahmad Azzubaidi, Hadits Shahih Bukhari, Terjemah: Muhammad Zuhri Semarang: CV Toha Putera, 1986

Zakiah Daradjat,dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1981

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles