EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE MEMBACA MENULIS PEMULA (MMP) DALAM MENINGKATKAN MAHAROH QIRO’AH DAN MAHAROH KHITABAH DI MTS AMANATUL QUR’AN PACET MOJOKERTO

Authors

  • Fitri Wulandari Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Universitas KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia

Keywords:

Metode Membaca Menulis Pemula, Maharoh Qiro’ah, Maharoh Khitabah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah dengan metode membaca menulis pemula (MMP). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai keefektifitas pembelajaran bahasa arab dengan metode membaca menulis pemula untuk meningkatkan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Amanatul Qur’an. sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji T satu sampel. Dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung > t tabel, dimana maharoh qiro’ah sebesar t hitung = 1,9085 > t tabel = 1,721. Sedangkan hasil uji T maharoh khitabah sebesar t hitung = 2,0224 > t tabel = 1,721. Dengan ini disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung ≥ t tabelnya, maka hipotesis dapat diterima yang berarti pembelajaran bahasa Arab dengan metode membaca menulis pemula efektif dalam meningkatkan maharoh qiro’ah dan maharoh khitabah di Madrasa tsanawiyah Amanatul Qur’an.

References

Adil Nasrun , Keefektifan Metode Pengajaran Membaca Dan Menulis (MMP) (Studi Deskriptif Terhadap Pengalaman Guru-Guru Kelas Satu Sekolah Dasar), (Jurnal : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan)

Aisyah Sitti Chalik, Metode Dan Strategi Pengajaran Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pemula, Jurnal Shut Al-‘Arabiyah Vol. 8 No 1 Tahun 2020

Darmanah dan Graika . (2019). Metodologi Penelitian. (Lampung : CV. HIRA TRCH)

Graika dan darmanah. (2019). Metodologi Penelitian. (Lampung : CV. HIRA TRCH)

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. (Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta)

Jakfar Al-Mansyuri, Observasi dan wawancara, (Cempokolimo : 15 November 2022, 11:39

Made Ni Sri Ayu Hartini dkk (2022) Metode Dan Teknik Pembelajaran. (Jakarta Selatan : PT Galiono Digdaya Kawthar Anggota IKAPI)

Muammar, Membaca Permulaan di Sekolah dasar, (Mataram : Sanabil)

Nurman Muhammad. (2021). Penelitian Kuantitatif di Bidang Pendidikan Bahasa Arab. (Mataram : Sanabil)

Salamah Husniyatus Zainiyati. (2019) Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif. (Surabaya : Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN PRESS Sunan Ampel PMN Anggota IKAPI Jatim)

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung : ALFABETA)

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles