TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM (URGENSI DAN REVITALISASI NILAI KEISLAMAN DALAM PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0)

Authors

  • Muhammad Rizal Ansori STIT NU OKU Timur, Indonesia

Keywords:

Teknologi, Era society, Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penulisan esai ini adalah untuk merefleksikan bagaimana kondisi sekarang, dimana pertumbuhan teknologi yang sangat cepat yang sering kali kita kurang sigap dalam mengambil kebijakan terutaman dalam hal pendidikan. Modal dasar dalam sebuah tindakan terutama yang mengenai pendidikan dan arah dari perkembangan anak atau peserta didik sangat lah perlu di perhatikan untuk mengantisipasi dan membekali anak atau peserta didik sebagai generasi penerus dan penyambung perjuangan berdirinya syariat Islam. Terutama di Era Society 5.0 yang telah mentransformasi pendidikan yang menjadikan sekolah, guru, dan siswa tertuntut untuk menguasai teknologi dan informasi menuju proses belajar dan mengajar ke arah yang lebih baik. Bukan ajaran anti-dunia yang di butuhkan namun sangat penting untuk di ajarkan bagaimana hidup di dunia yang materialistis ini dengan tetap menjaga kesucian jiwa dan kebersihan hati, serta mampu berkolaborasi dan melebur dalam dunia yang sedang di hadapi

References

Amidong, Hikma H, and Nurysamsi Maulana Insani, Paradigma Pendidikan Islam Masa Kini Dan Masa Depan, Penelitian Universitas Muslim Indonesia Makasar, 2015, VII

Ansori, Muhammad Rizal, ‘Kontribusi Pemikiran Sufistik Syekh Abu Hasan Asy Syadzily Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter Di Indonesia’, 3 (2023), 1620–31

Ansori, Muhammad Rizal, Duski Ibrahim, and Munir Munir, Konsep Pendidikan Sufistik Menurut Syeh Abu Hasan Asy-Sadzily (Tela’ah Kitab Risalatul Amin Fi Wusuli Li Robbil Alamin), Muaddib: Islamic Education Journal, 2019, II <https://doi.org/10.19109/muaddib.v2i1.5658>

Aryanti, Dewi, Pendidikan Islam, Era Milenial, and Dewi Aryanti, ‘Tantangan Dan Potensi Pendidikan Islam Di Era Milenial’, 6 (2022), 181–98

Bassar, Samsul, Uus Ruswandi, and Muhammad Erihadiana, ‘Pendidikan Islam : Peluang Dan Tantangan Di Era Global Dan Multikultural’, 8.1 (2021), 63–75

Hasan, M Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002)

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif, 1st edn (Jakarta Timur: Gaung Persada, 2009)

Lian, Bukman, ‘TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA SOCIETY 5 . 0’, 1.November (2022), 8–11

Muvid, Muhamad Basyrul, and Nelud Darajaatul Aliyah, ‘The Tasawuf Wasathiyah Concept in Central Flow of Industrial Revolution 4.0’, Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 31.1 (2020), 169–86 <https://doi.org/10.33367/tribakti.v31i1.1008>

Nyoman, Ni, Lisna Handayani, Ni Ketut, and Erna Muliastrini, ‘Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar)’, 0 (2020), 1–14

Pendidikan, Paradigma, Inklusi Era, and Nanda Alfan Kurniawan, ‘Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0’, 2020

Sakdullah, Muhammad, ‘Tasawuf Di Era Modrnitas (Kajian Komperhensif Seputar Neo-Sufisme)’, Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 3.2 (2020) <https://doi.org/10.14421/lijid.v3i2.2504>

Subandowo, Marianus, ‘Teknologi Pendidikan Di Era Society 5 . 0’, 9.1 (2022), 24–35

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Widana, I Wayan, TRANSFORMASI PENDIDIKAN ( Membangun SDM Unggul Di Era Society 5 . 0 Untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 5 . 0 ), 2023

Yusuf, Kadar M., Tafsir Tarbawi : Pesan-Pesan Alquran Tentang Pendidikan (Jakarta: AMZAH, 2015)

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles