Efektivitas Media Permainan Tebak Gambar Berantai Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Pada Kelas XI IPA 1 di MA Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto

Authors

  • Imay Siti Rosmayanti Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut KH Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia

Keywords:

Media Permainan, Tebak Gambar Berantai, Maharah Kalam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan media permainan Tebak Gambar Berantai dalam pembelajaran maharah kalam. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One-Group Pretest-posttest. Sampel penelitian dipilih secara purposive dan terdiri dari siswa kelas sebelas IPA 1 di Pacet-Mojokerto. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata skor 67,85, kemudian dilakukan perlakuan dengan metode permainan Tebak Gambar Berantai selama tiga kali pertemuan. Hasil post-test menunjukkan rata-rata skor 90,59. Berdasarkan analisis, media permainan Tebak Gambar Berantai terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Analisis statistik menunjukkan bahwa data tersebut normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan bahwa media permainan ini efektif dengan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,004, sehingga Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.

References

Sudarbuan Danim,. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bomi Aksara. 1995.

Triyanto, (2007) Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik

Sutomo, Pokok-Pokok Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Proyek Nasional, 1993)

Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2008

Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2008)

Anissatul Mufarokah, Strategi Belajar Mengajar (Yogyakarta: TERAS, 2009)

Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2008)

Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)

Moeslichatoen, (2004), Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta

Sadiman, Arief dkk,(2004) Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers

Moeslichatoen, (2004), Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta

Munip, Abdul,Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D”, (Bandung: Alfabeta, 2016)

Rangkuti, Ahmad Nizar, “Metode penelitian Pendidikan” (Bandung: Cipta Pustaka Media, 2016)

John W. Creswell, “Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran)”, (Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2016)

Suryani dan Hendriyadi, “Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam”, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)

Sugiono, “Metodologi Penelitiam Pendidikan (Kualitatif, kuantitatif, kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan)”, (Bandung: Alphabetta, 2019)

Wahyuni,Sri “Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam”, Paramedia bookSugiono ، Metode Penelitian dan Pengembangan” (Bandung:Alfabeta, 2019)

Wahyuni ،Amril Hadi “Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung: Pustaka)

Jamal, “Paradigma Penelitian Kualitatif”,(Jakarta:Pustaka)

Downloads

Published

2023-09-12

Issue

Section

Articles