Efektivitas Media Permainan Tebak Gambar Berantai Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Pada Kelas XI IPA 1 di MA Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto
Keywords:
Media Permainan, Tebak Gambar Berantai, Maharah KalamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan media permainan Tebak Gambar Berantai dalam pembelajaran maharah kalam. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One-Group Pretest-posttest. Sampel penelitian dipilih secara purposive dan terdiri dari siswa kelas sebelas IPA 1 di Pacet-Mojokerto. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata skor 67,85, kemudian dilakukan perlakuan dengan metode permainan Tebak Gambar Berantai selama tiga kali pertemuan. Hasil post-test menunjukkan rata-rata skor 90,59. Berdasarkan analisis, media permainan Tebak Gambar Berantai terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Analisis statistik menunjukkan bahwa data tersebut normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan bahwa media permainan ini efektif dengan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,004, sehingga Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.
References
Sudarbuan Danim,. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bomi Aksara. 1995.
Triyanto, (2007) Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik
Sutomo, Pokok-Pokok Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Proyek Nasional, 1993)
Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2008
Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)
Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2008)
Anissatul Mufarokah, Strategi Belajar Mengajar (Yogyakarta: TERAS, 2009)
Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)
Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2008)
Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)
Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)
Moeslichatoen, (2004), Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta
Sadiman, Arief dkk,(2004) Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers
Moeslichatoen, (2004), Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta
Munip, Abdul,Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D”, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Rangkuti, Ahmad Nizar, “Metode penelitian Pendidikan” (Bandung: Cipta Pustaka Media, 2016)
John W. Creswell, “Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran)”, (Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2016)
Suryani dan Hendriyadi, “Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam”, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)
Sugiono, “Metodologi Penelitiam Pendidikan (Kualitatif, kuantitatif, kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan)”, (Bandung: Alphabetta, 2019)
Wahyuni,Sri “Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam”, Paramedia bookSugiono ، Metode Penelitian dan Pengembangan” (Bandung:Alfabeta, 2019)
Wahyuni ،Amril Hadi “Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung: Pustaka)
Jamal, “Paradigma Penelitian Kualitatif”,(Jakarta:Pustaka)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imay Siti Rosmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





