Pengaruh Media Bianglala Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema 5 Subtema 2 Materi Membandingkan Pecahan Sederhana Di MIN 1 Mojokerto
Keywords:
Media Bianglala Pecahan, Hasil BelajarAbstract
Salah satu indikator keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar murid. Untuk menciptakan efektifitas belajar mengajar yang terarah dan efektif agar dapat meningkatkan hasil belajar murid, maka diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan dan menggunakan media konkret, guna dapat membangkitkan minat dan kretivitas murid dalam belajar. Permainan biangalala merupakan media pembelajaran yang mengandung unsur edukasi dengan tujuan dapat mengembangkan salah satu aspek perkembangan kognitif yaitu kemampuan matematika.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media bianglala pecahan terhadap hasil belajar siswa
pada materi membandingkan pecahan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif Two grup pre-test ˗˗ post-test design. Dengan sample penelitian pada kelas III yang berjumlah 22 siswa kemudian diberikan perlakuan.
Dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan didapatkan data dari skor pretest dan posttest, yang kemudian didapatkan hasil analisis deskriptif dimana rata-rata pada kelas eksperimen dengan persentase 67,40% dan rata-rata kelas kontrol dengan persentase 39,11%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media bianglala pecahan lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada pembelajaran metode Discovery Learning tanpa menggunakan media. Terdapat perbedaan rata-rata antara pembelajaran menggunakan media bianglala pecahan dengan metode Discovery Learning tanpa menggunakan media dengan nilai sig 0.000 < 0,05.
References
Abdullah, M. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jogyakarta: Aswaja Pressindo.
Anggraeni, A. (n.d.). Menegaskan Manusia Sebagai Objek dan Subjek Ilmu Pendidikan. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, (15)2:60-74.
Anwar, A. (2009). Stastistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel. Kediri: IAIT Press.
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ayomi, G. (2019). Mengenal Non-Probility Sampling dalam Teknik Pengambilan Sampel. SRK.
Budiman, E., Husdungan, R., & Khoiri, A. (2017). Online Game Pics and Word Sebagai Media Edukasi Bahasa Inggris Berbasis HTML. Ilmu Komputer dann Teknologi Informasi, 2, 1.
Chasifatul, & Chalimah. (2020). Pengmbangan Media Roda Pintar Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa Berpenyebut Tidak Sama di SD. Palangka Raya: Institut Agama Islam .
Dayat, T. (2009). Matematika 3. Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2006). Standarisasi Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Permendiknas Nomor 22 .
Djamrah, S. B., & dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Doni , Juni, Priansa (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Eka, K., & dan Ridwan , M. (2017). Penelitian Pendidkan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hardani. (2020). Metode Penelitian kualitatif & Kuantitatif . Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hartini, R. (2010). Model Penelitian Tindak Kelas. Yogyakarta: Teras.
Hasbi, M., & Hidayah, N. (2017). Pemgaruh kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, No. 2.
Hasbullah. (1996). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan . Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Hendriana, H., & dan Soemarmo, U. (2017). Penelitian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hendriana, H., & dan Soemarmo, U. (2017). Penelitian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Jihad, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kamilah, A. (2021). Skripsi: Pengaruh Permainan Bianglala Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Karmelia, S., Nur'aeni L, E., Suryana, Y., & Muharram, M. R. (2022). Bimima (Bianglala Mini Matematika) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal of Elementary Education, 05, No. 04.
Kurniadi, L. Y. (2015). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian Pecahan Biasa Kelas V Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mikrayanti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jural of Mathematic Education II, 2.
Muhsetyo. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: GP. Press Group.
Nugraha, M. F., & dkk. (2020). Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Nuryadi, & dkk. (2017). Dasar-Dasar Stastistika Penelitan. Yogyakarta: Gramasurya.
Penyusun, T. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: LIPI.
Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Priansa, D. J. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Raharjo, S. (2019, May). Cara Menghitung N-gain Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen dengan Menggunakan SPSS. From SpSS Indonesia: www.spssindoesia.com/2019/04/cara-menghitung-n-gain-score-spss-html
Ratnawulan, E., & dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sertiawan, N. S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Sitorus, M. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press.
Sudijono, A. (2018). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantittif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sulardi. (2008). Pandai Berhitung Matematika. Jakarta: Erlangga.
SSusanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group 2013.
Syafitri, F. S. (2016). Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. Yogyakarta: Matematika 2016.
Utari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ilmiah STIKIP PGRI Ngawi, (13)1:1-8.
Yuli, Wulansari, & dan Puspasari, D. (n.d.). Pengembangan media pembelajaran permainan roda pintar pada mata pelajaran administrasi kepegawaian kelas XI. Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 5(1):1-4.
Yusuf, A. (2017). Analisis Kinematika Gerak Pada Wahan Bianglala: Sebagai Sarana Mendekatkan Fisika di Masyarakat. Fisika Taman Hiburan, 290.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Aini Toyibatul Rahmadhani Fadillah, Agung Purwono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





