Metode Pengajaran Bahasa Arab Dan Unsur-Unsurnya Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Keywords:
Metode Pengajaran, Unsur-Unsur Bahasa, Langkah-Langkah Metode Pengajaran Bahasa ArabAbstract
Metode pengajaran yang digunakan seringkali dijadikan tolak ukur keberhasilan dalam sebuah pengajaran bahasa, karena metode itulah yang menentukan isi dan cara pengajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beragam macam metode pengajaran bahasa arab dan unsur-unsurnya yang digunakan Dosen Pendidikan Bahasa Arab di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Teknik pengumpulan data: observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan koding terbuka, koding aksial dan koding selektif. Adapun Dosen Pendidikan Bahasa Arab sudah menerapkan 8 (delapan) metode pengajaran, yaitu: Metode Tata Bahasa-Terjemah, Metode Langsung, Metode Dengar-Ucap, Metode Dengar-Lihat, Metode Komunikatif, Metode Menirukan-Menghafal, Metode Membaca, dan Metode Campuran. Sehingga dari beragam metode pengajaran tersebut yang paling sering digunakan Dosen, yaitu: Metode Langsung (Direct Method/Thariqah Al-Mubasyirah. Dan Dosen Pendidikan Bahasa Arab juga telah menerapkan 3 (tiga) unsur-unsur bahasa yaitu: tata bunyi, kosa kata dan kaidah bahasa. Namun, unsur-unsur bahasa yang sering digunakan oleh dosen adalah kosa kata. Dengan demikian, hal tersebut sesuai dengan data yang ditemukan peneliti.
References
Anwar, S., & Kesuma, G. C. (2023). Development of al-Qawaid an-Nahwiyah Learning Module Based on Qiyasiyah Method for Arabic Language Education Department Students| Pengembangan Modul Pembelajaran al-Qawaid an-Nahwiyah Berbasis Metode Qiyasiyah untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 3(1).
Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(1).
Effendi, A. F. (2017). Metodologi Pendidikan Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Eva, E. (2022). Penerapan Metode Peer Tuthoring Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas V Mis Darul Ulum (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Fachrurrozi, A., & Mahyuddin, E. (2016). Pembelajaran Bahasa Asing: Metode Tradisional Kontemporer, Jakarta: Rajawali Pers. 67-221
Fuad, A. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, (Cet:5, 1 September)
Giyoto. (2022). Metode Pembelajaran Bahasa Asing (Tefl, Bipa, Bahasa Arab, Cina, Jerman, Dan Bahasa Lainnya). Yogyakarta: Gerbang Media Aksara Yogyakarta.
Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi.
Hakim, Azizul. (2021). Transformasi Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam. Volume:5. Nomor 1.
Kurniawan, E., Nizzam, M., Fatikh, M. A., & Rofiq, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1)
Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2).
Nadhila, F. (2019). Metode Guru Dalam Pengajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Kota Jambi, Skripsi.
Sardiyana, S. (2019). Pendekatan Dan Metode Audio Lingual. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 1(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Utami, N. P. C. P., Agung, I. G. A. M., & Krismayanti, N. P. N. (2021). Efektifitas Penerapan Metode Tata Bahasa-Terjemah Dalam Pembelajaran Membaca Karangan Eksposisi. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar (Senadiba) 2021 (Vol. 1, No. 1, Pp. 235-242).
Yunita, Y., & Pebrian, R. (2020). Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam di Kelas Bahasa Center for Languages and Academic Development. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2).
Zaenuddin, R. (2005). Metodologi dan strategi alternatif pembelajaran bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.
Zaid, A. H. (2017). Teknologi At Ta’lim Al muqtarohah Lita’limi maharato Al kalam Litullabi Al mustawa Al mutawassith fii Indonesia. Jurnal: Lisanudhah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Uswatun Khasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





