Analisis Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MI Darussalam Pacet

Authors

  • Rindi Anisah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia
  • Ika Agustin Adityawati Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia

Keywords:

Metode Ummi, Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an

Abstract

Seorang muslim wajib bisa membaca Al-Qur’an Al-Kariim. Membaca Al-Qur’an adalah bagian kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan tertentu dibutuhkan metode yang tepat. Banyak sekali metode pembelajaran yang digunakan untuk memudahkan proses belajar Al-Qur’an. Salah satu metode saat ini banyak digunakan adalah metode Ummi. Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet merupakan Madrasah Ibtidaiyah yang menggunakan metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an peserta didik. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Darussalam Pacet? (2) Apa faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an peserta didik di MI Darussalam Pacet?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan (1) penerapan metode Ummi di MI Darussalam Pacet dapat meningkatkan kemampuan membaaca Al-Qur’an peserta didik dengan memiiliki tujuh program dasar yaitu: Tashih, Tahsin, Sertifikasi, Choac, Supervisi, Munaqasyah, Khotaman dan Imtihan. (2) Terdapat tujuh tahap pembelajaran Al-Qur’an dalam metode Ummi yang berjalan dengan baik sesuai aturan yaitu: a. Pembukaan b. Apersepsi c. Penanaman Konsep d. Pemahaman Konsep e. Latihan f. Evaluasi g. Penutup (3) faktor penghambat yaitu, internal karakteristik peserta didik dan motivasi orang tua. Faktor eksternal, guru yang tidak masuk, dan sarana prasarana

References

Azari Naufal. 2019. Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santri di TPQ Al-Hikmah Bada Lampung, (Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intn Lampung)

Chamid Agus Salim. 2018. Upaya Penguatan Manajemen Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 1 Kutowinagun, Jurnal Cakrawalan IAINU Kebumen Prodi MPI, Vol. 2, Nol 1, 2018, (Kebumen: IAINU Kebumen, 2018), hal. 4

Foundation, Ummi. (2011) modul sertifikasi guru Al-Qur’an Metode Ummi, Surabaya: Ummi Foundation

Indrianto Nur dan Bambang Supomo. 2013. , Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Managemen, (Yogyakarta: BPEE Yogyakarta)

J. Lexy Meleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Terbatas, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Maidir, Harun, dkk. (2007). Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMA, Jakarta: DEPAG Badan Litbang dan Puslitbang

Rifai Ahmad, Jurnal Ilmiah Al-Madrasah, Vol. 2, No. 2, Januari 2018, diakses pada tanggal 15Oktober 2022 pukul 08.30

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabet)

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles