Manajemen Implementasi Progrram Literasi Dalam Pembelajaran Pai Di Sman 1 Gondag Wetan

Authors

  • Rifda kamalia 3Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
  • Achmat Mubarok Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

manajemen, Pembelajaran Kooperatif, program literasi

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui (1) Perencanaan program literasi dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Wetan, (2) Pengorganisasian program literasi dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Wetan, (3) Pelaksanaan program literasi dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Wetan, (4) Pengontrolan program literasi dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Wetan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara mendalam, Dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada tahap perencanaan sudah direncanakan dengan baik. proses perencanaan yang dilakukan menggunakan inovasi literasi yang berbasis OPOTUMON yang telah dirangkai dari beberapa kata.sedangkan perencanaan yang dilakukan dalam pembelajaran PAI melalui beberapa persiapan yaitu guru menyusun RPP, dalam penyusunan RPP guru juga menentukan pendekatan, metode, media dan model pembelajaran yang telah disesuaikan dengan pembelajaran literasi.  (2) pada tahap pengorganisasian sudah cukup baik dan sistematis. kegiatan pengorganisasian yang dilakukan dengan cara membuat struktur organisasi tim literasi, membagi tugas dan tanggung jawab, menyusun kegiatan literasi yaitu membuat penjadwalan. koordinasi dan komunikasi yang terjalin sudah cukup baik. (3) pada tahap pelaksanaan sudah cukup baik. pelaksanaan program literasi yang dilakukan di SMAN 1 Gondang Wetan mempunyai 2 macam yaitu literasi rutin dan literasi tidak rutin. (4) pada tahap pengontrolan sudah cukup baik pengontrolan dilakukan untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam manajemen program literasi di SMAN 1 Gondang Wetan dilihat dari hasil tugas yang peserta didik kumpulkan melalui link yang ada di grup telegram dan hanya tim literasi dan guru yang dapat mengakses link tersebut, maka dari itu dapat diketahui sejauh mana peningkatan literasi bagi peserta didik

References

Achmat, Mubarok. “Strategi Peningkatan Pembelajaran Melalui Manajemen Boarding School (Studi Kasus Di SMP ‘Aisyiyah Boarding School Malang).” Jurnal Murabbi 3, no. 2 (2018): 229–247.

Anan, Asrul. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konsep Emotional Spiritual Quotient.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2018): 181–192.

Erni Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah. Pengantar Manajemen. Prenada Media, 2019.

Farahiba, A S. “Pengembangan Gerakan Literasi Pondok Berbasis Pondok Pesantren Di Yayasan Pendidikan Islam (YASPI) Pondok Pesantren Sumber Bungur Pakong Pamekasan.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian …, no. September (2022). http://conference.um.ac.id/index.php/sinapmas/article/view/3237.

Hamdi, Hamdi. “Penerapan Fungsi Manajemen Pada Kantor Kelurahan Rantau Kiwa Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 6, no. 2 (2020): 155–163.

Husaini Usman. Manajemen : Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. jakarta bumi aksara, 2006.

Samuel Batlajery. “Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke.” Jurnal Ilmu Ekonomi&Sosial VII, no. 2 (2020): 135–155.

Sari, Jumita. “Manajemen Program Literasi Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di Tk Bintang 33 Ujung Batu” (n.d.): 1–12.

Yusuf, Wiwin Fachrudin. “Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD).” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2018): 263–278. https://s.id/10hkf.

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles