Rekonstruksi Sosial melalui Model Rekayasa Sosial dalam Pemberdayaan Ekonomi Difabel: Studi Kasus di Yayasan CIQAL Yogyakarta

Authors

  • Rizka Anisa Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Syamraeni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Rekontruksi Sosial, Rekayasa Sosial, Difabel, Yayasan CIQAL

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi model rekayasa sosial dalam  memberdayakan difabel melalui pendekatan ekonomi inklusif di Yayasan CIQAL Yoguakarta. Dengan menggunakan kerangka teori kontruksi sosial dari Peter Berger dan Thomas Luckmann, penelitian ini mengungkap bagaimana pemberdayaan difabel tidak hanya melibatkan pengembangan keterampilan tetapi juga perubahan cara pandang masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview), Adapun informan penelitian ini adalah pengurus Yayasan CIQAL dan Difabel yang sudah memiliki usaha sendiri. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan oleh peneliti dapat dikesimpulan bahwa penerapan teori konstruksi sosial oleh Berger dan Luckman, dengan mengubah pandangan masyarakat yang menganggap difabel sebagai kelompok yang tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi. Melalui program pelatihan keterampilan, kewirausahaan, dan RBM, Yayasan CIQAL berhasil meningkatkan kemandirian, kepercayaan diri, serta mengurangi ketimpangan sosial di kalangan difabel. Perubahan ini mencerminkan pergeseran konstruksi sosial yang melihat difabel sebagai kontributor aktif, bukan individu yang bergantung. Advokasi kebijakan inklusif yang dilakukan Yayasan CIQAL juga turut berperan dalam merubah struktur sosial dan kebijakan publik untuk mendukung keberagaman dan inklusivitas.

References

Adi, I. R. (2005). Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial Pengantar Pada Pengertian dan Beberapa Pokok Bahasan, Jakarta: FISIP UI Press.

Adam Hafidz Al Fajar. (2023). Systematic Literature Review : Tantangan Era Globalisasi Bagi Pengembangan Masyarakat Islam. Tebuireng: Journal of Islamic Studies and Society, 4(2), 183–198. https://doi.org/10.33752/tjiss.v4i2.6177

Albizzia, O., Setyowati, Y., & Sakina, A. W. (2022). Pemberdayaan Difabel Siaga Bencana (Difagana) dalam Sistem Manajemen Bencana Inklusif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Islamic Management and Empowerment Journal, 4(1).

Aminatun, S., & Hidayatullah, A. N. (2018). Pelayanan Sosial Yayasan Ciqal Terhadap Penyandang Disabilitas. Sosio Konsepsia, 6(3).

Badan Pusat Statistik 2023 (BPS). "Data Penyandang Disabilitas di Indonesia.

Dewi, H. P., Febriana, A., & Prabintari, S. A. (2024). Ageing Society: Tantangan Dan Strategi Model Pentahelix Di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora, 4(2).

Dirkareshza, R., Wahid, U., Wijaya, S., Dirkareshza, N. P., & Permatasari, E. D. (2023). Inklusi Politik untuk Semua: Menuju Pemilihan Umum yang Lebih Responsif terhadap Penyandang Disabilitas. PT Idemedia Pustaka Utama.

Djamhari, E. A., Ramdlaningrum, H., Layyinah, A., Chrisnahutama, A., & Prasetya, D. (2021). Kondisi kesejahteraan lansia dan perlindungan sosial lansia di Indonesia.

Fauzi, M. H. (2021). Strukturasi Pemberdayaan Disabilitas (Studi Kasus: Tuna Rungu Wicara Pada Sunyi Coffee House And Hope Jakarta Selatan) (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Hidayat, S. 2010.Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif. Pekanbaru: Suska Pres

Komariah, N., Saepudin, E., & Rukmana, E. N. (2021). Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1).

Mukminina, Amira. “Pemberdayaan Penyandang Disabilitas melalui program keterampilan menjahit di Yayasan Wisma Cheshire Jakarta Selatan” Skripsi. Jakarta: Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2013.

Mulyana, M. (2023). PERLAKUAN DISKRIMINATIF TERHADAP DISABILITAS DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN DIHUBUNGKAN DENGAN UU NO. 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS (Doctoral dissertation, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN).

Mustafa, D., Farid, M. R. A. A., & Sari, E. A. (2023). Strategi Advokasi Komite Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas DIY di Masa Pandemi Covid-19. Inklusi, 10(1).

Pramudita, Hadyan. “Pemberdayaan Penyandang Tunanetra Melalui Pendekatan Pendidikan Non Formal, Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Khusus Tunanetra Desa Jatisari Kecamatan Mijen Kabupaten Semarang”, Skripsi Semarang: Fak. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2015.

Rahmatullah, M. I. (2024). PEMBERDAYAAN EKONOMI DAN INKLUSI SOSIAL KELOMPOK DIFABEL MELALUI RUMAH BATIK PALBATU (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).

Risyal, M. A., Novitasari, N., & Laksono, B. A. (2024). Empowerment Of Disability Groups Through The Difabel Creative Center Program At Daarut Tauhiid Care Bandung City. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(2).

Siagian, S.P. (2005). Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Subadio, H. (1991). Menangani Masalah Lewat Kesetiakawanan Sosial, Jakarta: Departemen Sosial.

Suharto, E.(2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung: Refika Aditama.

Syamraeni., et al. (2023). Peran Organisasi Ikatan Difabel Enrekang Inklusi Dalam Pemberdayaan Difabel Di Kelurahan Lakawan Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah dan Komunikasi, 2023, 4.1.

Talijiwa, M. K. K. (2024). Perancangan Art Community Center di Bantul yang Berfokus Pada Penyandang Difabel dengan Pendekatan Human-centered Design (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Utami, E. O., Raharjo, S. T., & Apsari, N. C. (2019). Aksesibilitas Penyandang Tunadaksa. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1).

Wirjana, B.R. (2008). Mencapai Masa Depan Yang Cerah (Pelayanan Sosial Yang Berfokus Pada Anak), Yogyakarta: Yayasan Sayap Ibu.

Yudanagara, B. B. H. (2020). Dampak Psikososial Diskriminasi pada Orang yang Pernah Mengalami Kusta. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 18(01).

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles