URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KELUARGA DAN MASYARAKAT
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, KeluargaAbstract
Urgensi mengenyam pendidikan dalam konteks keluarga dalam membina tumbuhkembang anak menjadi manusia yang layak serta berkontribusi positif bagi masyarakat. Anak-anak mungkin tidak dapat mencapai potensi penuh mereka jika mereka tumbuh dalam keluarga yang disfungsional ataupun di mana ada ketidakharmonisan di sekitarnya. Peran pendidikan agama Islam sebagai fondasi dalam keluarga untuk membentuk perilaku dan moral anak-anak dan mengetahui batasan baik dan buruk. Berfungsi untuk membentuk manusia yang percaya dan ketakwaan kepada Allah SWT. Fondasi utama dan berperan dalam pendidikan moral bagi pembangunan masyarakat seluruhnya. Pengembangan akhlak perlu dibina oleh pengetahuan Islam secara umum dan akidah. Akibatnya diperlukan fungsi pendidikan agama Islam dalam konteks keluarga serta masyarakat luas
References
Amirudin dan Muzaki, Iqbal Amar. Demonstration of Effectiveness of Implementation Method of Student Learning Prayers. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 10, No. 1, (2021): 111-120. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i1.7816.
Amirudin dan Muzaki, Iqbal Amar. Rendering Learning Approach with Islamic: Religious Education Subjects and Students Accounting XI Relationship with Management and Business. Proceedings of the 1st EAI Bukittinggi International Conference on Education 1, No. 1, (2019): 1-7. http://dx.doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289728.
Amirudin., Nurlaeli, Acep., dan Muzaki, Iqbal Amar. Pengaruh Metode Reward and Punishment terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di STIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education 7, No. 2, (2020): 140-149. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102.
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga, 2006.
Deradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Ira, Hadirah. Dasar-Dasar Kependidikan. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin, 2008.
Jalaluddin. Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafar Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif, 2012.
Ramdhani, Khalid., Hermawan, Iwan., dan Muzaki, Iqbal Amar. Pendidikan Keluarga sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta’lim 2, No. 2, (2020): 36-49. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v2i2.284.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zuchdi, Darmiyati. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.
Zuhairini. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, 1983.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vista Firda Sari, M.Pd.I
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.