TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU DI ERA MILENIAL

Authors

  • Vista Firda Sari, M.Pd.I STEIDarul Qur’an Minak Selebah, Lampung Timur, Lampung, Indonesia

Keywords:

Tantangan Guru, Pendidikan Agama Islam, Era Milenial

Abstract

Guru bukan semata berkewajiban mentransformasi keilmuan yang dimilikinya, melainkan membimbing perkembangan akhlak dan spiritualitas murid-muridnya. Guru harus mempunyai sebuah kompetensi, karena itu sebagai perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Tulisan ini bertujuan mengetahui tantangan-tantangan guru pendidikan agama Islam guna meningkatkan mutu di era milenial. Tantangan pendidikan di era milenial yang dihadapi guru pendidikan agama Islam berupa melek digital, guru sebagai pembelajar sepanjang hayat, menyuguhkan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh makna, serta guru harus menjadi teladan, lantaran adanya perubahan murid pada generasi milenial, guru harus melihat tantangan ini sebagai suatu hal positif dengan selalu melakukan inovasi dan keterampilan dalam pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Kriteria guru pendidikan agama Islam yang profesional tidak hanya diorientasikan pada materi semata, tetapi juga diarahkan pada orientasi spiritual. Guru pendidikan agama Islam tersebut diharapkan mampu menjadi penggerak kemajuan umat, terlebih dalam era milenial. Berdasarkan tantangan yang dihadapi tersebut, maka dibutuhkan adanya keprofesionalisan guru pendidikan agama Islam dalam rangka membantu untuk meningkatkan mutu pendidikan.

References

Adisel., Prannosa, Ahmad Gawandy., Handayani, Puspa., dan Fauzi, Isman. “Perubahan Globalisasi Teknologi Industri menjadi Tantangan Guru PAI di Masa 4.0.” JOEAI: Journal of Education and Instruction 5, No. 1, (2022).

Aslan dan Wahyuni. Kurikulum dalam Tantangan Perubahan. Medan: Bookies Indonesia, 2020.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Hasbullah. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindopersada, 2007.

Ibrahim., Sufriadi., Marwan., dan Don, Yahya. Tantangan Guru/Dosen dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Medan: Sefa Bumi Persada, 2020.

Istiqomah, Adinda., Angin, Laurensia M. Parangin., Iyolanda, Sontioka., Anggina, Salsa Bella., dan Yani, Zalma Putri. “Analisis Kompetensi Guru dalam Menunjang Keberhasilan dalam Proses Belajar-Mengajar di SMP N 39 Medan.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3, No. 4, (2022).

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Mursalin, Hisan. “Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam pada Era Society 5.0.” Jurnal Edukasi Islam 11, No. 1, (2022).

Mursalin, Hisan. “Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam pada Era Society 5.0.” Jurnal Edukasi Islam 11, No. 1, (2022).

Pudjosumedi., Handayani, Trisni., Saidah, Ella Sulha., dan Istaryatiningtias. Profesi Pendidikan. Jakarta: Uhamka, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2024-09-11

Issue

Section

Articles